Tips Memiliki Gaya Berbicara yang Menarik

    275
    0
    SHARE
    Source: shutterstock

    KabarFemale− Dalam kehidupan sosial, komunikasi merupakan kunci utama kesuksesan membangun sebuah relasi. Komunikasi yang buruk akan menghasilkan hubungan yang buruk. Komunikasi yang baik akan menghasilkan hubungan yang baik pula. Tak sedikit orang yang salah paham hanya karena kesalahan dalam cara menyampaikan maksudnya. Dan tak sedikit pula maksud yang tidak baik menjadi berhasil karena disampaikan dengan komunikasi yang manis. Dalam teori komunikasi, komunikasi disebut berhasil apabila terjadi pemahaman yang sesuai dengan maksud komunikator. Atau bila tujuan komunikasinya mempengaruhi, komunikan berubah pikiran sesuai dengan harapan komunikator.

    Berbicara merupakan salah satu cara dalam berkomunikasi. Sejak kecil, setiap orang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan menarik. Contohnya anak kecil. Cara berbicara anak kecil cenderung disukai banyak orang. Karena cara bicaranya apa adanya, tidak dibuat-buat juga tidak ada perasaan takut. Anak kecil berbicara dengan sangat percaya diri.

    Namun entah mengapa, semakin dewasa seseorang, lingkungan membentuknya menjadi semakin kaku berbicara. Berbicara pun seakan semakin dibuat-buat dan tidak percaya diri. Akibatnya, berbicara di depan teman-teman saja menjadi terbata-bata. Mudah sekali membedakan orang yang cara berbicaranya menarik dan yang tidak. Hal ini bisa dilihat dari seberapa luas pergaulannya. Untuk memiliki daya tarik saat berbicara setelah beranjak dewasa, memang tidak mudah. Membutuhkan kemauan, keberanian, latihan serta belajar secara berkala. Berikut ini beberapa tips agar cara bicara Anda menarik perhatian orang di sekitar Anda:

    1. Luaskan pengetahuan dan pengalaman. Pengalaman adalah guru paling berharga. Ia tidak bisa dibeli di toko buku atau dimana pun. Pun tidak bisa dicari di ruang kelas. Untuk menjadi seorang yang minimal menarik dalam berbicara, dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang luas. Selama masih muda, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mencari pengalaman dan pengetahuan seluas-luasnya.
    2. Banyak lah bergaul dengan berbagai orang dan golongan. Ketika Anda bergaul, jangan pilih-pilih orang dalam berbicara. Apalagi pilih-pilih golongan. Kalau perlu, bermain-main lah bersama orang dengan berbeda-beda golongan. Dari situ Anda akan belajar bagaimana menyesuaikan cara berbicara dengan berbagai orang.
    3. Mulai lah berlatih berbicara di depan publik. Saat ada diskusi kelas, mungkin Anda tidak pernah berani mengacungkan tangan untuk sekadar bertanya. Mulai sekarang, ubah kebiasaan tersebut. Mulai lah berlatih berbicara di depan publik. Pertama kali Anda memang akan gemetaran. Namun lama-kelamaan Anda akan terbiasa berbicara di lingkungan baru dengan percaya diri.
    4. Percaya diri adalah kuncinya. Jangan takut salah dalam berbicara. Di awal mulai berlatih, takut itu lah yang harus Anda atasi. Salah itu biasa. Sebab setiap orang belajar dari kesalahan. Percaya lah pada diri Anda bahwa Anda bisa berbicara dengan baik di muka umum.
    5. Jujur lah pada diri sendiri dan orang lain. Saat berbicara di lingkungan, berbicara lah apa adanya. Jangan dibuat-buat. Bila Anda tahu katakan tahu. Bila Anda tidak tahu katakan tidak tahu. Begitu pula dengan gaya berbicara. Jangan dibuat manis kalau berbicara di depan orang tertentu. Tetap lah berbicara sebagaimana gaya Anda berbicara sehari-hari.
    6. Gunakan etika dalam berbicara. Etika merupakan cara orang menghargai orang lain. Ketika berbicara pun, Anda harus tetap menghargai orang lain. Jangan sampai ada orang lain tersinggung karena kita berbicara.
    7. Miliki sentuhan humor. Humor selalu menjadi menarik di benak siapapun. Karena setiap orang menginginkan hiburan dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan humor yang biasa digunakan dalam lingkungan dimana Anda sekarang berada. Dengan begitu, humor tersebut tidak akan menyinggung pihak manapun.

    AFR150701

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY