Tips Memilih Mainan Bayi 6 Bulan

    161
    0
    SHARE
    Tips Memilih Mainan Bayi 6 Bulan
    Source: Abril

    KabarFemale – Saat berusia 6 bulan, bayi sudah bisa bergerak lincah dan biasa diajak bermain. Jarinya sudah bisa menggenggam benda, rasa penasarannya juga sudah mulai meningkat. Nah, waktunya memberikan mainan bayi 6 bulan nih. Penting juga mulai memberikan mainan untuk bayi yang sesuai dengan umur dan perkembangannya. Namun jangan sembarang memilih mainan, pilihlah mainan yang bisa merangsang kecerdasannya, membuatnya menggerakkan pancainderanya dan belajar dengan lingkungan sekitarnya.

    Jenis Mainan Bayi 6 Bulan

    Ketika memilih mainan bayi 6 bulan, yang paling penting adalah segi keamanan dari mainan tersebut. Anda harus dengan benar memilih mainan dengan bahan, ukuran dan juga tekstur yang aman untuk dipegang, diraih bahkan digigit oleh bayi. Yang tidak kalah penting juga adalah bahannya, apakah rapuh atau kuar. Hindari yang rapuh karena bisa melukai bayi. Lalu, jangan lupa selalu bersihkan mainan yang akan dan sudah dipakai oleh bayi dengan tisu basah. Ini juga untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri ke dalam mulut bayi.

    Nah, jika mainan mengeluarkan suara, jangan menyetel volume yang kencang karena bisa mengagetkan dan membahayakan pendengaran bayi. Dan, pilihlah mainan dengan warna cerah sehingga menarik perhatian bayi untuk memainkannya.

    Lalu mainan seperti apa yang cocok untuk bayi usia 6 bulan? Berikut adalah daftar mainan bayi yang bisa Anda pilih :

    • Cilukba

    Ini adalah permainan sederhana yang pasti bisa Anda lakukan untuk membuatnya tertawa girang. Apalagi jika si kecil mulai meniru untuk mengucap “ba!” ketika sedang bermain.

    • Rattle

    Mainan jenis ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada bayi usia 6 bulan. Walau belum bisa merangkak untuk meraih mainan ini, bayi akan berguling untuk bisa mendapatkannya. Pilihlah bentuk yang bisa mudah dipegang oleh bayi.

    • Boneka Tangan

    Boneka tangan dengan cerita yang Anda ceritakan akan jadi mainan yang menyenangkan untuk si kecil. Ini juga akan membantu Anda makin dekat dengan si kecil karena komunikasi dan interaksi. Pilihlah karakter yang lucu dan buatlah cerita sekreatif mungkin.

    • Mainan Berlampu

    Pilihlah mainan dengan lampu warna-warni untuk mengetahui respons si kecil pada cahaya. Selain menyenangkan, mainan dengan lampu bisa merangsang kemampuan visualnya.

    Nah, itu dia beberapa jenis mainan yang bisa Anda berikan dan mainkan bersama dengan si kecil. Meluangkan waktu untuk bermain dengan si kecil tidak hanya membantunya tumbuh dengan kasih sayang, tapi juga membantu hubungan komunikasi dan interaksi antara ibu dan anak.

     

    BFI15040218

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY