Tips Agar Anak Berhenti Mengompol

    135
    0
    SHARE
    source : blogspot.com

    KabarFemale— Mengompol jadi hal yang sangat umum terjadi pada anak. Mengompol bisa disebabkan oleh sejumlah masalah, dan mengidentifikasi hal ini bisa mempermudah mencari solusinya.

    Sering kali, satu dari masalah berikut menjadi penyebab anak mengompol:
    Kandung kemih yang belum matang. Ini terjadi ketika signal antara otak dan kandung kemih selama tidur tertunda atau lambat karena satu dan lain hal.

    Hormon anti diuretik yang rendah. Masalah ini terjadi ketika hormon yang mengontrol jumlah urin yang diproduksi tidak seimbang.

    Tidur dalam. Bila anak tidur sangat lelap, otak tidak menerima signal kalau kandung kemih sudah penuh.

    – Fungsi kandung kemih lebih kecil. Ini berarti meksi kandung kemih anak berukuran normal, otak menerima signal kalau kandung kemih penuh, meski sebenarnya tidak.

    Konstipasi. Anak yang mengalami konstipasi bisa mengompol karena tekanan pada kandung kemih.

    Dokter biasanya megnanggap mengompol normal untuk anak hingga usia 6 tahun. Ada banyak faktor yang umumnya menyebabkan gangguan. Bila anak tidak bisa berhenti mengompol setelah usia 6 tahun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

    Berikut beberapa cara agar anak berhenti mengompol:

    – Membatasi asupan cairan sebelum waktu tidur
    Batasi jumlah cairan yang diminum anak sebelum waktu tidur, tapi ini kadang sulit dilakukan. Kebanyakan dokter anak tidak merekomendasikan pembatasan cairan karena anak cenderung menganggapnya sebagai hukuman.

    – Ke kamar mandi sebelum tidur
    Pastikan anak mengosongkan kandung kemihnya sebelum tidur. Memastikan kandung kemih kosong bisa membantu mengurangi insiden mengompol di malam hari.

    Menggunakan obat
    Ada obat yang bisa membantu mengontrol kandung kemih, tapi hanya dokter yang bisa menentukan apakah obat tertentu sesuai untuk anak Anda. Obat biasanya hanya bekerja ketika anak aktif mengkonsumsinya dan mengompol kembali terjadi setelah obat tidak lagi dikonsumsi.

    – Berikan penjelasan
    Ketika mengompol jadi masalah, anak bisa merasa tidak nyaman dan bertanya kenapa ia mengompol. Jelaskan pada anak dengan istilah sederhana kalau kandung kemih dan otaknya tidak saling berkomunikasi dengan baik. Jangan pernah menyalahkan anak karena insiden mengompol.

    Latihan kandung kemih
    Latihan kandung kemih berarti meminta anak menahan buang air kecil selama beberapa menit. Ini akan menguatkan kemampuannya untuk mengontrol aliran urin, yang bisa membantu menghindari insiden mengompol di malam hari.

     

     

    AFI150701

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY