Tata Cara Menyimpan ASI yang Benar

    145
    0
    SHARE
    Tata Cara Menyimpan ASI yang Benar
    Source: Bbcgoodfood

    KabarFemale – Sebagai ibu yang bijak, mengetahui bagaimana cara menyimpan ASI yang benar adalah sebuah keharusan. Apalagi jika Anda adalah ibu bekerja yang juga masih berkewajiban untuk menyusui. Menyimpan ASI tidaklah rumit, walau tidak juga boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Jika Anda ingin memberikan ASI dengan kualitas yang layak untuk si kecil, mari membaca apa saja yang harus dilakukan di sini.

    Cara Menyimpan ASI yang Benar

    Mengapa sih penting sekali mengetahui cara menyimpan ASI yang benar? Ya, semua ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk juga untuk apa saja yang diasup oleh si kecil. Jangan sampai karena Anda yang lengah, si kecil jadi jatuh sakit. Terlebih jika usia si kecil masih dini dan butuh perhatian ekstra dari Anda.

    Nah, memenuhi kebutuhan ASI si kecil juga penting. Karenanya, Anda harus tetap memperhatikan bagaimana jadwal pemberian ASI dan juga cara menyimpannya yang benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyimpan ASI adalah :

    1. Pastikan semua kondisi ketika akan menyimpan ASI sudah bersih, mulai dari botol, tangan Anda dan juga kulkas Anda. Ini agar tidak ada bakteri atau kuman yang bisa merusak kualitas ASi tersebut.
    2. Gunakan wadah yang sudah memiliki label BPAFree. Pilih wadah yang terbuat dari kaca atau beli dan plastik yang memang aman untuk penyimpanan ASI. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kebersihan dari wadah untuk menyimpan ASI.
    3. Saat ingin memasukkan ASI yang sudah diperah ke dalam botol, pastikan bahwa botol benar-benar dalam keadaan kering. Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih atau tisu, atau juga mengeringkannya dengan cara mengangin-anginkannya setelah dicuci dengan air panas.
    4. Jangan lupa untuk memberi tanggal pada botol atau wadah ASI yang akan disimpan. Ini dimaksudkan agar Anda mengambil ASI yang sudah lebih lama disimpan dibandingkan mengambil yang baru disimpan.
    5. Disarankan untuk tidak mencampur ASI yang baru diperah dengan ASI yang didinginkan lalu dihangatkan.
    6. Jika ingin menyimpan ASI di dalam freezer untuk dibekukan, pastikan Anda menutup botol dengan rapat sehingga tidak ada udara masuk keluar ke botol.
    7. Jangan menyimpan ASI di bagian pintu karena akan membuat ASI mengalami perubahan suhu yang terlalu sering ketika pintu kulkas dibuka dan ditutup.

    Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan menyimpan ASI yang sudah diperah. Semoga artikel ini membantu ya.

    BFI15040271

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY