Stres dan Mood Labil karena PMS? Ini Cara Efektif Mengatasinya

Stres dan Mood Labil karena PMS? Ini Cara Efektif Mengatasinya

348
0
SHARE
Stres dan Mood Labil karena PMS? Ini Cara Efektif Mengatasinya

Saat PMS (premenstrual syndrome), emosi wanita seringkali tak terkontrol karena perubahan hormon. Dalam masa tersebut wanita menjadi mudah marah, sensitif, stres bahkan frustasi. Selain emosi yang labil, wanita juga mengalami perubahan pada beberapa bagian tubuhnya.

Sebagian wanita merasakan payudaranya lebih besar dan mengencang, beberapa lagi mengaku tubuhnya bertambah gemuk atau lingkar pinggangnya melebar. Ada pula yang merasakan nyeri atau pegal pada perut, paha serta pinggulnya.

Berdasarkan survei yang diadakan oleh Healthspan, perusahaan supplier vitamin, mineral dan suplemen kesehatan di Inggris, PMS menjadi salah satu pemicu stres dan bad mood pada wanita. Sebanyak 24 persen wanita mengaku mood-nya menjadi sangat fluktuatif selama periode PMS.

Gejala PMS memang sulit dihindari, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Studi tersebut juga menemukan cara-cara yang paling efektif untuk meredakan bad mood akibat PMS, atau yang disebabkan oleh hal lainnya. Seperti dikutip dari Female First, ‘obat’ terbaik untuk mengusir stres adalah meluangkan waktu untuk santai sendirian atau istilah populernya ‘me time’.

“Pada dasarnya manusia, meskipun dia bersosialisasi tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri bikin kita lebih baik dan menyenangkan,” jelas Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi.

Setelah menikmati kesendirian, Anda bisa melanjutkannya dengan bermain bersama anak, kemudian berolahraga. Aktivitas fisik cukup efektif menghilangkan bad mood karena akan meningkatkan produksi hormon endorphin. Hormon ini membuat perasaan Anda lebih baik, menurunkan gejala depresi, meningkatkan energi serta membantu tetap tenang dan lebih fokus saat menghadapi stres.

Makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu mengatasi emosi yang labil dan kondisi fisik yang kurang fit akibat PMS. Sebaiknya hindari makanan dengan kadar gula tinggi seperti cokelat, es krim atau cake karena efek ‘bahagia’ nya hanya sementara dan setelah efeknya hilang, stres justru bisa semakin bertambah parah.

Rob Hobson, seorang ahli nutrisi dari Healthspan menyarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6, karena akan meningkatkan produksi serotonin (hormon bahagia) secara alami. Perbanyaklah makan buah dan sayuran, hindari makanan tinggi sodium (garam), cukupi asupan kalsium, zinc dan lemak sehat seperti omega-3. Asam lemak ini akan membantu menstabilkan produksi prostaglandin yang bisa mengurangi pembengkakan pada tubuh, perut kembung dan melancarkan haid. Baca Juga Cara Menjaga Kesehatan Dengan Konsumsi Madu

Disarankan juga mengompres tubuh dengan handuk atau botol berisi air hangat. Suhu yang hangat bisa menjadi terapi ringan yang menenangkan tubuh maupun pikiran. Bisa juga dengan mencoba mandi air hangat untuk efek relaksasi. “Air hangat lebih efektif untuk membuat relaks,” kata Ayoe (Sumber: Wolipop).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY