Soft Lenses = Do & Don’t

Soft Lenses = Do & Don’t

245
0
SHARE
Soft Lenses = Do Don't
Source image: google

Tips dalam memilih, menggunakan, dan melepas soft lens di artikel sebelumnya. Bagi yang baru merasa nyaman mengenakan soft lens, sebaiknya harus mengetahui beberapa informasi tambahan mengenai soft lens yang penting. Di artikel kali ini, akan diungkap beberapa hal yang harus diketahui dan esensial bagi para pengguna soft lens.

Tips Perawatan Soft Lens:

1. Ganti air solusi (air rendaman softlens) secara berkala, kurang lebih seminggu sekali dan rendamlah soft lens di wadah tertutup berisikan air solusi dengan porsi yang tepat dan tidak boleh terlalu sedikit. Hal ini diharuskan karena soft lens menyerap air rendaman dan apabila tidak ada sisa air yang terendam, softlens dapat mengeras dan tidak dapat digunakan lagi. Jangan gunakan air biasa atau air obat mata sebagai air rendaman. Letakkan wadah berisi soft lens tersebut dalam suhu ruangan dan hindari dari cahaya matahari langsung dan tempat berdebu.

2. Masa pemakaian yang aman dan higienis untuk sebotol air solusi adalah selama 3 bulan setelah tutup botol dibuka. Apabila telah melewati 3 bulan, sangat disarankan untuk membeli air solusi yang baru. Hal ini bertujuan agar kehigienisan soft lens tetap terjaga.

3. Jangan gunakan soft lens yang sudah kadaluarsa. Sebagai contoh, apabila masa bertahan soft lens yang kalian miliki adalah 6 bulan, jangan gunakan softlens yang telah dibuka selama lebih dari 6 bulan dari botol atau wadah plastik bersegel. Jangan merasa sayang dengan soft lens yang sudah kadaluarsa tersebut dan gantilah dengan yang baru.

4. Kabar yang menyatakan bahwa soft lens bisa terselip ke bagian bola mata dalam adalah isu belaka, karena jarak otot dalam mata dengan bola mata begitu rapat hingga benda setipis soft lens tidak akan bisa terselip ke dalamnya. Namun, tetap hindari penggunaan soft lens sewaktu tidur. Hal ini dikarenakan soft lens tetap akan terus menyerap air mata meski saat mata sedang tidak digunakan.

5. Hindari penggunaan softlens sewaktu memasak atau sewaktu melakukan hal lain yang dekat dengan api, seperti membakar sampah atau api unggun. Soft lens terbuat dari material plastik dan cukup mudah meleleh karena suhu langsung yang begitu panas, karena itu akan berbahaya apabila bersinggungan dengan hawa panas

6. Sewaktu berenang, lepaskan softlens dan kenakan kacamata renang khusus yang memiliki recipe (minus, plus, atau silindris) bagi kalian yang memiliki kelainan penglihatan. Air kolam atau air asin di laut sangat tidak baik bersinggungan langsung dengan soft lens.

7. Jangan gunakan soft lens yang sudah terkoyak meskipun robekannya sepanjang kurang dari 1 mm sekalipun. Memaksakan diri untuk menggunakan soft lens yang rusak hanya akan membuat mata terkena iritasi.

Meskipun banyak pantangan yang harus dihindari dalam penggunaannya, menggunakan soft lens terasa nyaman, fashionable, dan praktis bagi kalian yang telah terbiasa. Oleh karena itu, apabila kalian sudah mendapat izin dari dokter atau ahli mata, jangan ragu-ragu untuk mengenakan softlens. Be safe and having a good new looks, Ladies!

AFF1410073

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.