Sindrom Lorong Karpal, Gejala Kehamilan Yang Mengganggu

    179
    0
    SHARE
    Sindrom Lorong Karpal, Gejala Kehamilan Yang Mengganggu
    Source : mercola.com

    KabarFemale—Anda sering merasa kesemutan? Kemungkinan itu gejala kehamilan bernama sindrom lorong karpal. Bila Anda seperti wanita hamil lainnya, khususnya mereka yang bekerja dengan komputer, Anda akan merasakan kesemutan, nyeri, terbakar, dan mati rasa pada pergelangan tangan, tangan, dan jari. Meski gejala ini terkait dengan pekerjaan yang membutuhkan gerakan berulang seperti mengetik, sindrom lorong karpal terjadi pada wanita hamil karena alasan yang berbeda.

    Apa penyebab gejala kehamilan sindrom lorong karpal?

    Bengkak karena kehamilan memberi tekanan pada saraf di pergelangan tangan dan menyebabkan nyeri yang sama dan gejala kesemutan yang sering berhubungan dengan tegangan ergonomik dan gerakan berulang. Bila Anda hamil dan melakukan gerakan berulang seperti ketika Anda bekerja dengan komputer, Anda dua kali beresiko mengalami gejala kehamilan ini.

    Bila Anda merasakan gejalanya lebih sering pada malam hari, ini karena cairan yang terakumulasi di bagian bawah tubuh selama siang hari terdistribusi ke mana-mana termasuk ke tangan ketika Anda berbaring. Dan tentu, jika Anda seharian bekerja dengan komputer, efeknya di malam hari akan dua kali lebih besar. Untungnya gejala ini akan hilang setelah Anda melahirkan ketika bengkak mulai menghilang.

    Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejala kehamilan ini:
    – Lakukan perenggangan. Jika Anda bekerja dengan komputer atau melakukan aktifitas lain yang membutuhkan gerakan berulang seperti bermain piano, lakukan perenggangan tangan lebih sering untuk meredakan nyeri pada tangan dan kesemutan.
    – Posisi yang tepat. Bila Anda banyak bekerja dengan komputer untuk mengetik, lakukan pekerjaan ini dengan perlahan dan pastikan pergelangan tangan lurus dan siku lebih tinggi dari tangan Anda.
    – Tidur dengan baik. Jangan tidur menindih tangan, dan gunakan bantal untuk menyangga lengan.
    – Melancarkan aliran darah. Sering goyangkan lengan dan pergelangan tangan. Pada malam hari, gantung tangan di samping tempat tidur dan goyang-goyangkan.
    – Hindari pemicunya. Batasi atau hindari kafein dan tembakau yang memang sudah seharusnya Anda kurangi saat hamil.
    – Gunakan gelang pergelangan tangan. Jika sindrom lorong karpal membuat Anda sangat tidak nyaman, tanyakan dokter jenis gelang yang perlu digunakan.
    – Coba terapi alternatif. Akupunktur bisa meredakan rasa sakit pada tangan, dokter Anda bisa merekomendasikannya.
    – Bicara pada dokter Anda. Ia bisa meresepkan obat anti peradangan yang dapat digunakan untuk mengatasi sindrom lorong karpal.

    BFI150403(11)

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY