Saat Memasuki Usia Kehamilan 7 Bulan

    258
    0
    SHARE
    © mumsintheknow

    KabarFemale – Saat usia kehamilan 7 bulan adalah saat yang bisa dibilang dinanti oleh semua ibu. Di beberapa tradisi bahkan kehamilan usia 7 bulan akan dirayakan dengan tradisi tertentu, misalnya perayaan 7 bulanan. Di usia 7 bulan juga, sang ibu sudah diperbolehkan untuk membeli perlengkapan bayi menurut adat Jawa. Dan yang paling penting, ketika usia kandungan sudah 7 bulan, Anda sudah harus lebih mempersiapkan segalanya menjelang persalinan. Mulai dari mental, perlengkapan hingga biaya rumah sakit.

    Apa yang terjadi di Kehamilan 7 Bulan?

    Saat usia kehamilan 7 bulan atau janin sudah berusia 28 minggu, janin sudah berkembang secara matang. Jikalau pun bayi harus dilahirkan saat usia 7 bulan, bayi memungkinkan untuk bertahan karena paru-paru sudah siap bekerja.

    Nah yang menarik di usia kandungan 28 minggu adalah Anda, sang ibu bisa makin bermain-main dengan si bayi di dalam perut. Bayi usia 7 bulan kandungan bisa merespon rangsagan cahaya dan suara. Ini karena telinga calon bayi sudah berfungsi dengan baik. Mulailah perkenalkan Ada sebagai ibu dan si calon bayi akan mulai mengenalinya. Saat usia kandungan 7 bulan, sering-seringlah mengajak si calon bayi berbincang, beri nyanyian atau senandung untuk menjalin komunikasi sejak dini.

    Selain itu, pada usia 7 bulan, rambut calon bayi sudah mulai tumbuh lho. Begitu juga dengan rambut di alis dan juga bulu mata. Ditambah lagi, mata bayi yang sebelumnya tertutup sudah mulai bisa terbuka.

    Lemak juga akan mulai menumpuk di usia kandungan 7 bulan. Jangan khawatir, lemak ini akan menjaga sang bayi tetap hangat di dalam kandungan. Biasanya, bayi akan memiliki tinggi sekitar 36cm dan juga berat 900-1800g.

    Nah, untuk sang calon ibu sendiri juga akan ada beberapa hal yang dialami. Yang paling pasti terjadi adalah kenaikan berat badan. Sang ibu juga akan mengalami edema atau kaki bengkak. Ini normal terjadi, hanya saja jika Anda merasa tidak nyaman bisa dikonsultasikan ke dokter. Dan juga, calon ibu biasanya akan mengalami sulit tidur di malam hari karena aktivitas bayi yang lebih aktif dari minggu-minggu sebelumnya. Ada juga gejala lain seperti cepat capek, nafas jadi pendek dan heartburn.

    Jika usia kandungan Anda sudah memasuki 7 bulan, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan, misalnya:

    • Konsultasi kandungan setiap 2 minggu sekali.
    • Perbaiki posisi tidur senyaman mungkin. Lebih baik jika menghadap sebelah kiri karena bisa memperlancar aliran darah
    • Makan teratur yaitu dengan porsi sedikit namun sering agar menghindari heartburn.
    • Lengkapi atau mulai persiapkan perlengkapan bayi seperti selimut, baju, popok dan lainnya.

     

    BFI15020205

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY