Rambut Lepek? Kalem Aja!

    145
    0
    SHARE
    Source: shutterstock

    KabarFemale—Perawatan rambut memang cukup menyita waktu dan biaya, tapi bukankah rambut memang perlu dijaga kesehatannya? Tentu hal tersebut agar anda terhindar dari aneka penyakit yang menyerang rambut. Masalah klasik yang seringkali dirasakan oleh para wanita ialah rambut yang terasa kumal dan lepek. Meskipun, anda sudah rajin berkeramas, bukan berarti anda bebas dari perkara tersebut. Ada banyak hal sepele yang sering terabaikan yang mana justru hal-hal tersebut lah yang menjadikan rambut anda menjadi kumal dan lepek. Akan lebih parah lagi bila anda mengenakan hijab, karena akan sangat ridak nyaman saat menggunakan hijab namun rambut anda dalam keadaan yang bermasalah, meski memang secara visual rambut anda tidak terlihat orang lain.

    Daerah yang kerap terlupakan kebersihannya ialah kulit kepala. Yang menjadi fokus utama oleh orang justru bagian batang dan helai rambut saja padahal kulit kepala sangatlah penting, jika kulit kepala anda kotor meski batang serta helai anda bersih, maka akan memudahkan kuman untuk berkembang biak pada dasar kulit kepala. Hal itulah yang menjadikan rambut mudah lepek, akibat minyak rambut alami bercampur dengan kotoran yang mana telah terkontaminasi bakteri. Mulanya, mungkin kulit kepala anda akan terasa sangat gatal, kemudian dilanjutkan dengan terjadinya ketombe. Semakin kotor kulit kepala akan semakin membuat kondisi rambut menjadi kurang sehat. Akibatnya lambat laut meskipun anda sudah membersihkan kulit kepala, rambut tidak lantas terbebas dari kondisi lepek. Membutuhkan waktu untuk menormalkannya kembali.

    Hal yang dapat anda lakukan ialah memperhatikan tata cara saat berkeramas. Setelah membasahi rambut secara sempurna, gunakan sampo yang biasa anda kenakan. Buatlah busa terlebih dahulu baru kemudian menggunakannya untuk membersihkan kulit kepala. Pijatlah secara perlahan dan jangan melewatkan sedikitpun. Barulah kemudian anda beralih membersihkan rambut dari akar hingga batang rambut. Basuhlah dengan menggunakan air bersih, sangat direkomendasikan untuk menggunakan air yang mengalir. Karena bakteri serta kuman akan ikut mengalir dengan aliran air tersebut.

    Gunakan rebusan air merang untuk membuat rambut anda normal kembali. Air merang ampuh untuk membuat ketombe hilang, rambut jauh dari lepek karena kulit kepala terhindar dari produksi minyak berlebih. Bila anda kesulitan mendapatkan merang tersebut, anda bisa menggunakan sampo merang yang tersedia di pasaran untuk membantu menangani masalah rambut anda. Gunakan hingga rambut anda kembali normal. Dan jangan lupa untuk selalu menutrisi rambut anda minimal sebulan sekali dengan vitamin rambut.
    AFB150701

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY