Ragam Profesi Dunia Fashion

Ragam Profesi Dunia Fashion

401
0
SHARE
Source image: google

Jika berbicara mengenai fashion, maka ada dua profesi yang sangat identik dengan dunia ini yaitu model dan perancang busana. Perancang busana adalah jantung dari dunia mode. Profesi ini menentukan tren dan mendesain berbagai pakaian untuk berbagai musim dan kesempatan.
Model memang identik dengan fashion show dan photoshoot karena memang itulah pekerjaan rutin seorang model. Tinggi, semampai, fashionable, dan fotogenic menjadi tuntutan utama seorang model. Tampil sempurna di atas runway atau tepat menampilkan image baju yang dibawakan adalah tugas dan tantangan tersendiri seorang model.
Pelaku industri fashion bukan hanya perancang busana dan model tetapi sebenarnya masih banyak profesi yang berkutat dalam dunia mode yang mungkin jarang terdengar atau diketahui oleh masyarakat luas.

Fashion stylist
Pandai mix dan match busana adalah talenta yang wajib dimiliki oleh seorang fashion stylist. Profesi ini bertanggung jawab untuk mengkombinasikan tampilan fashion melalui padu padan berbagai pakaian dan aksesori. Fashion stylist biasanya bekerja untuk rublik mode di majalah fashion.

Fashion buyer
Fashion buyer adalah orang yang bertanggung jawab memilih produk untuk dijual di suatu toko. Fashion buyer biasanya bekerja pada departemen store, retail store atau wholesale clothing distributors. Fashion buyer harus sadar, mengerti tren, dan tahu benar selera pasar. Bahkan, fashion buyer diharapkan mengetahui tren masa depan karena mereka harus memesan barang satu sampai dua tahun sebelumnya. Strategi budgeting dan planning inventory juga diperlukan agar produk selalu menarik bagi pelanggan.

Visual Merchandiser
Pastinya profesi ini masih terdengar asing di telinga kita tetapi bila pergi ke mall dan melihat etalase yang unik dan menarik dari sebuah gerai tentunya tidak asing, bukan? Ya, visual merchandiser memang bertugas untuk itu. Mereka mendesain tampilan windows display maupun interior toko agar mampu menarik pembeli.

Fashion Journalist
fashion Jurnalist berkarya melalui tulisan seputar dunia fashion dan karya tersebut dimuat dalam publikasi media seperti majalah fashion, koran, website, maupun blog. Sebagai seorang fashion jurnalis, tidak sekadar kemampuan menulis yang menjadi menu wajib, pengetahuan tentang dunia mode juga sangat diperlukan dalam profesi ini. Seorang fashion jurnalis harus mengetahui tren mode, mengenal para desainer, fotografer, maupun PR perusahaan fashion karena nantinya ia akan mewawancarai atau berkolaborasi dengan tokoh-tokoh tersebut untuk menghasilkan sebuah tulisan.

Fashion Fotografer
Foto-foto indah dan artistik yang terpampang di halaman-halaman majalah adalah wadah yang menampung karya para fashion fotografer. Bila fashion designer berkarya melalui pakaian yang diciptakan, fashion fotografer berkarya melalui jepretan foto yang ambilnya.

AFF141006

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY