Perubahan Apa Saja yang Terjadi pada Kehamilan 6 Bulan?

    175
    0
    SHARE
    Perubahan Apa Saja yang Terjadi pada Kehamilan 6 Bulan?
    Source: Asfarsyahrul

    KabarFemale — Kehamilan yang terus berjalan dari waktu ke waktu tentu diiringi dengan perubahan pada kehamilan. Apalagi memasuki usia kehamilan 6 bulan tentu banyak perubahan signifikan yang terjadi dari sebelumnya. Lalu perubahan apa saja yang terjadi di kehamilan 6 bulan?

    Berikut adalah perubahan yang terjadi saat usia kehamilan 6 bulan:

    1. Uterus akan melebar

    Perubahan pertama yang terjadi pada kehamilan 6 bulan adalah keadaan uterus yang melebar hingga dapat menekan kandung kemih. Akan tetapi ukuran uterus tidak begitu terlalu besar yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada saluran pernafasan. Pada saat perubahan ini terjadi bunda hanya membutuhkan energi yang cukup banyak dari biasanya. Untuk itu disarankan untuk bunda mengonsumsi asupan karbohidrat yang cukup setiap harinya.

    1. Gerakan janin yang mulai terasa

    Pada masa kehamilan yang memasuki usia 6 bulan, maka bunda juga akan mulai merasakan gerakan janin yang sudah mulai aktif. Biasanya menjelang tidur bunda akan merasakan gerakan aktif janin seperti menendang-nendang ataupun cegukan. Mungkin hal ini akan sedikit membuat bunda merasa tidak nyaman, akan tetapi bunda dapat menenangkan janin dengan cara mengelus-elus perut bunda dengan perlahan.

    1. Stretch Mark mulai terlihat

    Memasuki usia kehamilan 6 bulan, perut bunda juga akan semakin membesar. Biasanya pada bulan ini stretc mark pada perut juga mulai terlihat. Hal ini dikarenakan adanya peregangan kulit sehingga menyebakan stretch mark akan mulai tumbuh dan terlihat. Anda dapat memberikan gel penyamar stretch mark untuk mengurangi garis yang terlihat.

    1. Keluarnya cairan dari puting

    Payudara terbentuk dari sebagian banyak lemak. Pada saat hamil payudara akan memproduksi lemak yang diubah menjadi cairan ASI. Pada saat memasuki usia ke 6 bulan biasanya cairan ini akan mulai keluar dari puting, sehingga Anda akan merasakan adanya rasa basah pada daerah payudara.

    1. Peningkatan berat badan yang stabil

    Memasuki usia kehamilan 6 bulan, Anda juga akan mengalami peningkatan berat badan yang mulai stabil. Hal ini dikarenakan janin terus bertumbuh dan berkembang. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang normal dan cenderung stabil maka bisa dipastikan janin Anda tumbuh dengan baik dan normal.

    Itulah perubahan yang terjadi pada saat kehamilan memasuki usia 6 bulan. Pada masa ini bunda dianjurkan untuk banyak melakukan istirahat dan mengonsumsi asupan nutrisi yang seimbang setiap harinya.

     

    BFI15040128

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY