Pentingnya Fase Kehamilan Trimester Pertama

    199
    0
    SHARE
    Pentingnya Fase Kehamilan Trimester Pertama
    Source : healthmeup.com

    KabarFemale – Sebagai wanita yang sedang hamil, mengetahui apa saja fase kehamilan trimester pertama adalah hal yang penting. Trimester pertama bisa dibilang sebagai fase di mana kehamilan masih dibilang rapuh karena rentan terjadi keguguran. Nah, agar ini tidak terjadi Anda bisa mempelajari apa saja yang terjadi di saat usia kehamilan 3 bulan pertama.

    Fase Kehamilan Trimester Pertama

    Untuk lebih mengetahui apa saja yang terjadi saat fase kehamilan trimester pertama, simaklah penjelasan berikut ini :

    Usia 2 Minggu

    Saat ini Anda sudah terlambat menstruasi dan mengalami gejala-gejala awal kehamilan seperti merasa mual dan muntah, kram di perut dan juga flek darah. Walau begitu, saat ini Anda belum benar-benar dinyatakan hamil sebelum sedang terjadi pembuahan di dalam rahim Anda.

    3 Minggu

    Saat ini, janin sudah terbentuk. Janin akan segera berkembang dengan cepat saat trimester pertama. Namun jika menggunakan USG, Anda belum bisa mendengar detak jantung janin. Biasanya saat ini Anda sudah bisa mendapati tanda positif di alat tes kehamilan.

    6 Minggu

    Saat ini ukuran janin sekitar 0.8 inc dengan pembuluh saraf dan punggung hampir menutup sempurna. Jantung sudah berdetak dan bahkan wajah bayi sudah akan mulai dibentuk. Tengkorak sang bayi belum sempurna namun masih berkembang.

    8 Minggu

    Jari tangan dan kaki si kecil sudah mulai terlihat walau belum terpisah dan gandeng satu sama lain. Beberapa organ seperti tulang sendi, bibir, telinga, hidung dan kelopak mata sudah makin menuju memiliki bentuk.

    9 Minggu

    Selamat, ukuran janin sudah mencapai 1 inch. Beberapa organ seperti organ resproduksi dan kantung rambut sudah mulai terbentuk. Saat usia kehamilan ini, beberapa tanda kehamilan awal masih terjadi seperti mual, sakit di punggung dan juga cepat merasa lelah.

    12 Minggu

    Saat ini tulang janin sudan mulai terbentuk. Kelopak mata dan bagian luar telinga mulai terbentuk. Organ-organ vital juga mulai berkembang dengan baik. Saat ini, Anda akan merasa sering lapar karena mulai memasok nutrisi untuk si kecil. Bayi akan memiliki ukuran sekitar 3 inch dan memiliki berat sekitar 1 ons. Kuku dan wajah juga akan terlihat lebih nyata ketika Anda melihat dengan USG. Menjelang akhir trimester pertama, gejala seperti mual sudah mulai menghilang. Berat badan akan sedikit dengan sedikit akan bertambah.

    Nah, ternyata seru juga ya yang terjadi ketika usia kehamilan 0 hingga 3 bulan.Banyak hal terjadi saat masa-masa ini dan Anda harus tetap memantaunya agar perkembangan sesuai dengan usia janin. Selain itu, dengan memantau perkembangan janin dalam kandungan juga bisa mencegah terjadinya keguguran di awal kehamilan.

    Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ladies.
    BFI15040228

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY