Nutrisi Ibu Hamil yang Membuat Janin Menjadi “Super Sehat” Saat Lahir

    160
    0
    SHARE
    Nutrisi Ibu Hamil yang Membuat Janin Menjadi “Super Sehat” Saat Lahir
    Source: Zimbio

    KabarFemale — Perubahan wanita yang terjadi pada saat hamil menyebabkan tantangan tersendiri karena sangat menguras tenaga dan bahkan kesiapan mental yang ekstra. Untuk itulah dibutuhkan makanan bergizi yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap fit dan perkembangan janin pun juga tetap terjaga dengan optimal.

    Berikut adalah nutrisi ibu hamil yang wajib dikonsumsi agar janin tumbuh sehat hingga lahir:

    1. Sayuran berwarna hijau

    Nutrisi ibu hamil yang pertama dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran hijau kaya akan zat besi sebagai komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu sayuran hijau juga kaya serat, folat, dan vitamin C. Dengan mengonsumsi sayuran hijau dalam kadar yang cukup maka bunda dapat terhindar dari kemungkinan anemia selama masa kehamilan yang dapat berakibat fatal jika terjadi.

    1. Nasi merah

    Nutrisi ibu hamil selanjutnya yaitu nasi merah. Memang semua nasi adalah sumber karbohidrat yang baik. Akan tetapi nasi merah tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat saja tetapi juga zat besi, dan vitamin B. Selain itu nasi merah juga merupakan komponen asupan yang rendah indeks glikemik, sehingga dapat membantu bunda merasakan kenyang yang lebih lama. Sedangkan vitamin B dapat membantu menjaga kesehatan dari sistem syaraf dan sel darah merah. Untuk itulah nasi merah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena selama hamil volume darah Anda akan cenderung meningkat hingga 40% dari biasanya.

    1. Stroberi

    Jika Anda tidak suka sayuran, maka Anda bisa memilih kebutuhan nutrisi Anda dari kalangan buah-buahan, salah satunya adalah stroberi. Tahukah Anda jika stroberi seringkali mendapat julukan sebagai buah super karena kandungannya yang banyak dan bermanfaat di antaranya antioksidan, vitamin C, serat, dan folat. Bila Anda mengonsumsi stroberi di saat hamil dan sesudah hamil maka Anda telah menyelamatkan bayi Anda dari kemungkinan obesitas.

    1. Minyak ikan

    Selain itu ada minyak ikan. Siapa yang tak kenal dengan nutrisi dari minyak ikan. Kandungan omega 3 dari minyak ikan dapat membantu perkembangan syaraf mata janin dan sistem syaraf lainnya. Selain itu omega 3 juga baik untuk perkembangan otak bayi. Untuk itu bunda diwajibkan mendapat asupan omega 3 yang cukup selama hamil. Anda bisa mendapatkannya dari ikan, akan tetapi pilih ikan salmon ya, bun, karena salmon adalah ikan paling aman dengan kadar merkuri yang sedikit sehingga sangat cocok untuk ibu hamil.

    Itulah 4 nutrisi ibu hamil yang dapat Anda konsumsi selama hamil agar janin selalu tumbuh sehat sampai nanti dilahirkan. Semoga bermanfaat.

    BFI15040122

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY