Mensterilkan Botol Susu Bayi

    167
    0
    SHARE
    source : bidanku.com

    KabarFemale—Bayi masih rentan terhadap penyakit selama 12 bulan pertama, jadi ibu perlu ekstra berhati-hati. Botol susu yang tidak steril bisa menjadi sarang bakteri, virus, dan parasit yang bisa mebahayakan si kecil. Ini membuatnya rentan terkena penyakit seperti muntah atau diare. Memang tidak mungkin untuk menciptakan lingkungan anak yang bebas kuman dan bakteri, tapi Anda masih bisa memastikan keamanan dan kesehatan anak dengan mensterilkan botol susu sebelum digunakan.

    Cuci botol hingga bersih
    Sebelum sterilisasi, bersihkan botol susu. Gunakan air bersabun dan bersihkan hingga menyeluruh. Jangan lupa bersihkan juga dot, tutup, dan bagian lingkaran botol. Sisa susu kadang masih menempel pada bagian ini.

    Sebaiknya cuci botol segera setelah digunakan agar susu tidak kering di dalamnya. Anda bisa gunakan air hangat untuk membersihkan bagian dalam botol dengan sikat botol. Bersihkan dot dan pastikan tidak ada sisa susu tersisa di dalamnya. Balikkan dot untuk pembersihan menyeluruh. Periksa juga bagian botol dan dot apakah ada kerusakan atau retakan karena bakteri bisa berkumpul di sana dan masih bertahan meski setelah dibersihkan dan disterilkan.

    Mensterilkan botol susu
    Ada sejumlah cara untuk mensterilkan botol susu bayi. Yang palin populer salah-satunya menggunakan alat steril elektrik dan mikrowave. Ketika tidak tersedia listrik, Anda bisa gunakan metode sterilisasi dengan mendidihkan atau air dingin.

    Alat steril elektrik jadi cara paling cepat untuk mensterilkan alat makan bayi. Dibutuhkan sekitar 8 hingga 12 menit ditambah waktu pendinginan. Bila dibiarkan di dalam alat steril dengan tutup tertutup, botol bisa tetap steril sekitar 6 jam. Tempatkan botol di posisi terbalik ketika meletakkannya di alat steril elektrik. Ini untuk memastikan sterilisasi menyeluruh. Cara lain yang cepat dan efektif untuk mensterilkan botol susu bayi adalah dengan meletakkannya di microwave selama 90 detik.

    Bergantung apakah botol bayi Anda aman dididihkan, Anda bisa gunakan metode ini untuk sterilisasi. Gunakan panci yang cukup besar untuk botol dan kelengkapannya. Setelah diisi air, rendam alat makan di dalamnya, pastikan tidak ada gelembung udara di dalam botol atau dot. Tutup panci dan biarkan mendidih selama 10 menit. Jangan angkat tutup sebelum botol akan digunakan.

    Untuk sterilisasi dengan air dingin Anda membutuhkan larutan sterilisasi. Larutan ini efektif melawan bakteri tapi hanya bertahan selama 24 jam. Anda bisa gunakan wadah plastik bertutup. Pastikan alat makan terendam di air dan tidak ada gelembung udara di dalam botol. Biarkan selama setengah jam. Angkat botol atau dot dari air hanya ketika akan digunakan.

     

     

    AFI150701

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY