Mengetahui Pengertian Kehamilan Ektopik dan Penyebabnya

    122
    0
    SHARE
    Source : theguardian.com

    KabarFemale – Pada umumnya, pengertian kehamilan adalah di mana seorang wanita mengandung embrio atau janin yang sebelumnya diawali dengan proses bertemunya sel sperma dan juga sel telur. Sel telur yang kemudian berhasil dibuahi akan berproses menjadi janin. Biasanya, kehamilan terjadi selama 9 bulan hingga proses persalinan tiba.

    Pengertian Kehamilan Ektopik

    Kehamilan ada yang normal ada juga yang tidak normal. Salah satu jenis dari kehamilan yang tidak normal dan berbahaya adalah kehamilan ektopik. Apa pengertian kehamilan ektopik?

    Kehamilan ektopik adalah ketika kehamilan yang seharusnya terjadi di rahim namun malah terjadi di organ lain. Biasanya kehamilan ini terjadi di ovarium, leher rahim hingga serviks. Kondisi ini tentunya bisa membahayakan kehamilan dan juga keselamatan bayi dan juga ibu. Karena itu Anda perlu tahu apa saja penyebab dari kehamilan ektopik.

    Umumnya, kehamilan jenis ini terjadi karena rusaknya tuba falopi. Biasanya terjadi karena inflamasi di mana hal ini membuat sel telur terhalangi dan akhirnya menempel di organ lain. Selain itu ada juga yang disebabkan karena kadar hormon yang tidak seimbang. Nah, ada juga faktor lain seperti :

    – Alat kontrasepsi. Ada banyak sekali jenis kontrasepsi yang bisa digunakan oleh pasangan suami istri. Untuk wanita salah satunya adalah spiral atau intrauterine device. Jenis ini disebut bisa memicu kehamilan ektopik, walaupun bukan satu-satunya penyebab.

    – Riwayat kehamilan ektopik. Jika sebelumnya Anda pernah mengalami kehamilan ektopik, maka peluang Anda untuk mengalaminya lagi sekitar 15 hingga 20 persen di kehamilan selanjutnya.

    – Inflamasi. Inflamasi yang terjadi di tuba falopi bisa menjadi penyebab terjadinya kehamilan ektopik.

    – Infeksi

    Jika Anda pernah mengalami penyakit radang panggul seperti gonore dan klamidia, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami kehamilan ini.

    – Fertilitas. Tidak semua wanita memiliki fertilitas yang bagus, karena itu kadang mereka melakukan pengobatan untuk masalah fertilitas. Nah, pengobatan ini yang kadang menjadi pemicu kehamilan ektopik.

    – Sterilisasi. Bagi wanita yang pernah melakukan sterilisasi dengan mengikat tuba atau sedang membuka kembali ikatan tuba bisa memiliki resiko kehamilan ektopik yang lebih besar dibandingkan yang tidak.

    Nah, itu dia informasi tentang pengertian kehamilan ektopik dan penyebabnya. Semoga dengan membaca informasi di atas Anda bisa mencegah dan menghindari terjadinya kehamilan ektopik. Untuk Anda yang sedang menunggu kabar bahagia kehamilan, semoga segera diberi buah hati.

    BFI15050204

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY