Mengenal Rambut Berminyak

Mengenal Rambut Berminyak

195
0
SHARE
Mengenal Rambut Berminyak
Source : degreasemyhair.com

Apa yang ada di bayangan anda tentang rambut berminyak? Lepek, menyebalkan, susah diatur, dan terkadang bau. Rambut berminyak atau kulit kepala yang berminyak tidak hanya membuat rambut tampak tidak menarik namun juga bisa menimbulkan jerawat di garis rambut anda sehingga rasa percaya diri anda semakin berkurang. Mengapa rambut atau kulit kepala anda bisa berminyak?

Minyak di kulit kepala merupakan cara alami rambut agar kulit kepala tidak menjadi kering. Yang membuatnya menjadi masalah adalah apabila minyak alami memproduksi terlalu berlebihan sehingga rambut anda tampak lepek dan berminyak. Hal ini terkadang bisa disebabkan oleh perubahan hormon seperti pubertas, kehamilan, dan lainnya. Namun biasanya hal ini dikarenakan dari produk rambut yang anda gunakan atau perawatan dan penataan rambut yang salah.

Banyak artikel yang menyarankan untuk mencuci rambut anda sesering mungkin hanya menyebabkan produksi minyak semakin banyak. Itu memang benar. Hal ini disebabkan karena saat anda menggunakan shampo untuk membersihkan sebum atau minyak alami rambut, bahan kimia dalam shampo seringkali membuat kulit kepala kering. Saat kulit kepala anda kering, tubuh akan bereaksi dengan kembali memproduksi sebum tersebut dan pada beberapa orang sebum yang diproduksi akan berkali lipat banyaknya. Inilah yang menyebabkan rambut anda yang terasa cantik dan bersih di pagi hari namun berubah lepek dan bau di penghujung hari.

Beberapa orang mungkin tidak ingin tampil dengan rambut yang tidak rapi sehingga mereka memilih untuk keramas tiap hari. Namun tidak ada salahnya mencoba menguranginya dengan cara yang tidak terlalu drastis. Anda bisa memilih hari di mana anda akan berada di rumah sepanjang hari atau hari di mana anda bisa menutupi rambut anda dengan aksesoris seperti topi atau bandana. Ini hari yang tepat untuk tidak keramas. Setelah itu anda bisa menambah harinya menjadi dua hari dalam seminggu di mana anda tidak perlu mencuci rambut. Untuk mengontrol produksi sebum, idealnya mencuci rambut harus berselang antara dua hingga tiga hari. Jangan berharap rambut berminyak anda akan hilang dalam sekejap. Coba praktekkan cara ini selama kurang lebih sebulan. Apabila hal ini tetap tidak berhasil, anda bisa mencoba menggunakan dry shampoo atau gunakan bedak bayi. Dry shampoo atau bedak bayi membantu menyerap minyak berlebih di kulit kepala tanpa membuat kulit kepala menjadi kering sehingga tubuh tidak perlu memproduksi minyak secara berlebihan.

AFB 141102

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.