Makanan Wajib Bunda di Usia Kehamilan 5 Bulan

    214
    0
    SHARE
    Makanan Wajib Bunda di Usia Kehamilan 5 Bulan
    Source : health-and-parenting.com

    KabarFemale—Bisa dibilang masa usia kehamilan 5 bulan merupakan masa yang paling bahagia saat hamil. Karena pada masa ini Anda sudah bisa terhindar dari gangguan morning sickness yang sebelumnya sangat melelahkan dan membuat tidak nyaman. Pada masa ini janin juga bisa dibilang dalam periode yang aman, walaupun besar kecil kemungkinan keguguran juga masih ada. Yang paling penting bunda harus tetap menjaga asupan nutrisi dengan seimbang.

    Pastikan Anda mengonsumsi makanan wajib kehamilan 5 bulan berikut ini ya bun:

    1. Kalsium dan Vitamin D
    Makanan wajib di usia kehamilan 5 bulan yang pertama adalah kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Vitamin D berfungsi membantu proses penyerapan kalsium pada tulang. Pada masa ini sangat dianjurkan untuk memnuhi asupan kalsium dan vitamin D yang cukup agar perkemabngan tulang dan gigi janin nantinya bisa optimal. Anda bisa mendpatkan kebutuhan kalsium dan vitamin D dari susu dan telur.

    2. Omega 3
    Makanan selanjutnya yang juga sangat penting untuk kehamilan 5 bulan adalah kebutuhan omega 3. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak janin dalam rahim. Anda bisa mendapatkan asupan omega 3 dari minyak ikan, sarden, sayuran daun berwarna hijau, dan kacang kedelai.

    3. Vitamin A
    Selain itu makanan lainnya yang juga tidak kalah penting adalah asupan vitamin A. Selain bermanfaat untuk mata, ternyata vitamin A juga baik untuk proses pertumbuhan tulang dan kulit. Selain itu vitamin A juga baik untuk sistem imunitas janin Anda. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin A dari buah dan sayuran berpigmen seperti pepaya dan wortel. Pastikan Anda selalu mencukupi kebutuhan vitamin A dengan seimbang.

    4. Zat Besi
    Bukan hanya itu saja, salah satu kandungan makanan yang wajib Anda konsumsi adalah zat besi. Karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga dapat mengurangi Anda beresiko terkena anemia. Anda bisa mendapatkan asupan zat besi dari sayuran daun berwarna hijau seperti bayam dan kangkung, selain itu Anda juga bis amendapatkannya dari daging dan hati ayam.

    5. Vitamin C
    Yang terkhir yaitu vitamin C. pastikan Anda memilih satu sumber vitamin C untuk sellau melengkapi kebutuhan tubuh Anda. Vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi, selain itu vitamin C juga mampu melindungi jaringan dalam tubuh.

    Itulah 5 makanan wajib yang harus ANda konsumsi saat memasuki kehamilan 5 bulan. Semiga bermanfaat.

    BFI15050129

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY