Makanan Untuk Rambut Sehat

Makanan Untuk Rambut Sehat

299
0
SHARE
RN Female-Kecantikan

Makanan yang sering kita makan bukan hanya dipergunakan oleh tubuh, namun juga diserap nutrisinya oleh bagian-bagian tubuh lain seperti rambut. Kesehatan rambut bisa dipengaruhi baik dari luar maupun dalam. Faktor luar seperti alat-alat styling yang kita gunakan, shampoo, kondisioner, dan lainnya. Semua itu berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan rambut. Namun, selain faktor tersebut, faktor yang juga turut mempengaruhi kesehatan rambut adalah faktor gizi yang diasup oleh tubuh. Zat-zat yang diasup tubuh melalui makanan digunakan oleh rambut sebagai penyubur, penyehat, serta membuat rambut berkilau. Sayangnya dewasa ini, banyak yang lebih memilih merawat rambut dari luar. Padahal, perawatan rambut dari luar justru mengeluarkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan perawatan dari dalam. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa makanan yang bisa membatu menyehatkan rambut.

• Makanan Kaya Zat Besi

Makanan kaya zat besi sangat mudah ditemukan di sekeliling kita. Zat besi dddapat diperoleh dari sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, bawang perei, atau sereal gandum Zat besi berguna untuk mencegah kulit kepala kering dan rambut rontok.

• Makanan Kaya Protein

Protein dapat kita temukan di beberapa makanan seperti telur, tahu, susu, keju, dan lainnya. Rambut terdiri dari protein sehingga asupan protein dalam makanan anda sehari-hari sangat penting. Protein berguna untuk menguatkan rambut sehingga mengurangi rontok. Apabila tubuh kekurangan protein, rambut sering rontok ataupun patah.

• Makanan Kaya Vitamin A

Mungkin anda sering berasumsi bahwa vitamin A hanya berguna untuk menyehatkan mata. Namun ternyata vitamin A juga digunakan oleh rambut untuk memproduksi sebum yaitu minyak alami rambut yang digunakan untuk melembabkan kulit kepala sehingga kulit kepala tidak menjadi kering. Makanan kaya vitamin A seperti wortel, ubi, ataupun labu dapat membantu memberi asupan gizi ke rambut.

• Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C yang lebih dikenal untuk mengobati sariawan juga merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh rambut agar rambut menjadi lembut. Pernahkah saat anda menyisir rambut, sisir anda tersangkut? Asupan vitamin C dapat membantu membuat rambut menjadi lembut dan mudah diatur. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, timun, sayuran berdaun hijau, dan lainnya.

Selain memakan makanan kaya gizi di atas, anda juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih, kurangi asupan gula putih, kafein, alkohol, dan junk food. Memakan junk food dapat menyebabkan asam lambung menjadi rendah sehingga tubuh tidak bisa mencerna protein yang sangat dibutuhkan rambut. Terlalu sering memakan junk food dapat menyebabkan rambut sering rontok. Jadi, hidup sehat bukan hanya agar tubuh sehat, namun rambut pun akan terlihat lebih indah, sehat, dan berkilau alami

AFB141002

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY