Macam Makanan Dengan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

    158
    0
    SHARE
    Macam Makanan Dengan Nutrisi Untuk Ibu Hamil
    Source : .foodnculture.com

    KabarFemale – Sebagai wanita yang sedang hamil, penting sekali memenuhi kebutuhan makanan dengan berbagai macam nutrisi untuk ibu hamil. Apalagi sekarang Anda tidak hanya memenuhi kebutuhan Anda sendiri saja, ada calon bayi dalam kandungan yang juga harus Anda penuhi kebutuhannya dan juga jaga kesehatannya. Makanan sehat bernutrisi juga disarankan oleh banyak praktisi kesehatan.

    Makanan Dengan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

    Pada saat hamil, Anda tentu harus memenuhi makanan dengan berbagai jenis menu yang memiliki nutrisi untuk ibu hamil. Ada dua saran untuk ibu hamil agar sehat selama hamil, yaitu :

    – Mengonsumsi makanan dengan asam folat, zat yang paling penting untuk ibu hamil dan sering disarankan oleh dokter kandungan. Anda dapat mendapatkannya di brokoli, kol, jagung, keledai, jeruk, alpukat dan kembang kol.

    – Konsumsi seimbang, jangan berlebihan. Antara karbohidrat, buah-buahan, protein nabati, kalsium dan sayuran haruslah seimbang.

    Ada juga pola makan yang sehat dan perlu Anda lakukan selama kehamilan berlangsung, yaitu :

    – Usahakan untuk melebihkan porsi sayur dan buah daripada karbohidrat.

    – Makan dengan porsi kecil tapi sering. Ini bisa mengurangi rasa mual yang sering terjadi pada ibu hamil.

    – Pola makanan sehari-hari untuk ibu hamil biasanya adalah makan pagi, camilan, makan siang, camilan dan diakhiri dengan makan malam. Makan sering tapi teratur dan dengan porsi yang pas.

    – Minumlah air putih minimal 8 gelas seharinya. Anda juga bisa mengombinasikan jus dan susu agar kebutuhan minum terpenuhi. Jangan minum berlebihan agar tidak kembung.

    Tapi ternyata ibu hamil juga ada pantangannya lho. Ada beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi, seperti :

    – Makanan mentah. Hindari makanan mentah atau setengah mentah karena rentan mengandung bakteri dan juga virus. Ini bisa berbahaya untuk kesehatan janin dan Anda sendiri.

    – Makanan laut. Makanan yang berasal dari laut mengandng omega 3 yang baik untuk bayi dalam kandungan Anda. Hal ini untuk mencegah adanya merkuri yang membahayakan otak bayi Anda.

    – Kafein. Mengonsumsi kafein bisa membuat bayi Anda lahir dengan berat badan yang lebih ringan dari normalnya.

    – Teh herbal. Teh chamomile terutama tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Ini karena zat di dalamnya bisa membahayakan bayi dalam kandungan.

    Nah, ladies, penting sekali untuk menjaga kesehatan melalui apa yang Anda makan sehari-hari. Karena Anda tidak hanya menjaga diri sendiri namun juga kesehatan bayi dalam kandungan. Stay healthy!

    BFI15030241

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY