Lemari Penuh, Tanyakan 5 Hal Ini Sebelum Decluttering

Lemari Penuh, Tanyakan 5 Hal Ini Sebelum Decluttering

179
0
SHARE
Source : shutterstock.com

Fashion memang selalu bergulir dan selalu menawarkan hal baru. Maka tidak heran bila beberapa orang punya kecenderungan membeli pakaian hampir di setiap bulan. Orang-orang seperti ini tidak bisa mangabaikan pakaian cute atau stylish di terpajang di etalase.

Yang terjadi kemudian adalah lemari pakaian jadi penuh dan beberapa pakaian yang lama tidak terpakai oleh Anda menjadi menumpuk. Cleaning dengan mengurangi isi lemari adalah solusinya. Namun, lagi-lagi yang menjadi masalah bagi kebanyakan wanita adalah terlalu sayang menyingkirkan pakaian-pakaian yang ada di lemari. Seketika semua pakaian terlihat lucu dan sayang untuk disingkirkan kemudian menjadi galau. Kamu juga mengalami hal serupa? Jangan khawatir, tanyakan lima pertanyaan ini pada dirimu dan jawablah senetral mungkin.

  1. Apakah kamu menyukainya?
    Kamu menyukai pakaian itu karena pemberian orang lain atau cara mendapatkannya yang tidak mudah atau modelnya yang unik dan Anda suka, atau malah kamu menyukai pakaian itu memiliki kenangan tersendiri. Jika jawabannya ya, maka simpanlah pakaian tersebut. Suatu saat kamu akan membutuhkannya untuk sekedar bernostalgia. Seleksi pakaian yang sekiranya akan sangat jarang kamu gunakan karena kamu kurang menyukai modelnya atau tidak nyaman dipakai.
  2. Apakah ukurannya masih muat?
    Size atau ukuran juga menentukan timgkat kenyamanan. Dalam beberapa kondisi, ada sebagian wanita yang masih berkeyakinan bahwa ia bisa memakainya suatu saat nanti. Kemudian pakaian itu terus disimpannya tanpa tahu kapan dietnya akan berakhir. Mari lebih realistis, singkirkan saja pakaian itu dan ketika kamu sudah memiliki postur tubuh ideal, kamu akan menemukan pakaian yang tak lucu saat kamu berbelanja lagi.
  3. Berapa kali kamu memakainya?
    Coba ingatlah berapa kali kamu memakai pakaian tersebut. Bila jawabanya hanya satu kali dalam satu tahun terakhir, maka saatnya kamu memindahkannya pada box pakaian sumbangan.
  4. Adakah noda yang mengganggu?
    Teliti dan lihatlah secara detail pakaianmu. Singkirkan pakaian yang memiliki noda yang akan mengganggu pemandangan ketika kamu memakainya. Dengan demikian, kamu tidak perlu merasa bersalah untuk mengurangi muatan isi lemarimu.
  5. Kapan Terakhir Kali Pakai?
    Kalau pakaian itu sudah tidak kamu pakai dalam jangka waktu 5-6 bulan karena tidak suka modelnya atau sudah tidak tren lagi atau malah tidak muat, maka tidak ada salahnya kamu mengeluarkannya dari lemari. Kalau jawabannya dalam 3-4 bulan terakhir masih kamu pakai, maka simpanlah tetap di dalam lemari.

Pakaian yang sudah terseleksi bisa dimanfaatkan untuk berbagai ide kreatif dengan merombak menjadi item yang baru dan lucu. Selai itu, pakaian-pakaian layak pakai yang sudah tidak kamu butuhkan lagi bisa diberikan sebagai sumbangan, melakukan fashion DIY atau bisa juga menjualnya kembali dengan harga murah. Uang yang terkumpul bisa kamu belikan koleksi baru, bukan? Selamat beberes 🙂
AFF141006

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY