Kulit Kepala Sering Gatal? Ini Penyebabnya

Kulit Kepala Sering Gatal? Ini Penyebabnya

252
0
SHARE
Kulit Kepala Sering Gatal? Ini Penyebabnya

Kulit kepala yang terasa gatal tentu menjengkelkan, terutama saat Anda sedang berada di luar rumah dan harus menjaga penampilan Anda. Apabila Anda biarkan, rasa gatalnya akan semakin menjadi. Namun, Anda terlalu malu untuk menggaruk rambut di depan umum. Kadang rasa gatalnya tidak terlalu kentara, namun akan jadi sangat mengganggu saat rasa gatal itu membuat Anda sangat ingin menggaruknya. Padahal sebenarnya garukan tersebut bisa memperparah rasa gatal tersebut. Rasa gatal umumnya dirasakan oleh mereka yang memiliki ketombe. Namun, sebenarnya ada beberapa alasan penyebab kulit kepala Anda terasa gatal.

  1. Ketombe
    Serpihan putih yang menempel di kulit kepala ini merupakan salah satu mimpi buruk untuk para wanita. Selain mengganggu penampilan, ketombe juga sering menyebabkan rasa gatal di kulit kepala sehingga Anda menggeruknya dan menyebabkan serpihan ketombe berjatuhan di baju Anda. Bayangkan kalau sampai terjadi di depan umum, Anda tentu akan merasa tidak nyaman.
  2. Alergi
    Tidak jarang masalah kesehatan yang Anda rasakan merupakan akibat dari alergi. Banyak yang tidak tahu bahwa mereka memiliki alergi hingga alergi tersebut sering mengganggu kesehatan. Alergi bisa muncul oleh berbagai hal. Ada kemungkinan kulit kepala Anda tidak cocok dengan shampo atau kondisioner yang Anda gunakan saat ini. Atau produk rambut lainnya yang Anda gunakan menimbulkan reaksi alergi pada kulit kepala Anda. Selain itu kulit kepala gatal juga bisa disebabkan oleh ekstensi rambut yang Anda gunakan terutama apabila ekstensi yang Anda gunakan adalah rambut sintetis.
  3. Kutu Rambut
    Dibandingkan ketombe, kutu rambut mungkin lebih menjengkelkan karena selain membasmi kutu rambut, Anda juga harus membasmi telur-telur kutu yang jumlahnya sangat banyak di rambut Anda. Kutu rambut bisa saja terjadi karena tertular oleh orang lain atau karena rambut yang lembab.
  4. Kulit Kepala Kering
    Kulit kepala yang kering juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa gatal. Ini bisa terjadi salah satunya karena kulit kepala Anda terlalu sering terkena panas dari peralatan penataan rambut seperti hair dryer. Atau kulit kepala Anda memang secara alami kering dan Anda kurang memberi pelembab sehingga kulit kepala menjadi terasa gatal.

Ada banyak alasan lainnya yang bisa saja merupakan penyebab kulit kepala Anda gatal seperti penyakit eksim, psoriasis, dan lainnya. Namun, apabila Anda tidak mengidap penyakit tersebut, alasan di atas mungkin bisa membantu Anda untuk menentukan penyebab gatalnya kulit kepala Anda.

AFB 141102

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.