Kiat Aman Belanja Online

Kiat Aman Belanja Online

176
0
SHARE
Uploader Rn
Source : shutterstock.com

Belanja online kini sudah menjadi sebuah kebiasaan baru. Sebuah cara mudah untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan tanpa perlu repot-repot berkeliling pusat perbelanjaan untuk mencarinya. Hanya butuh sekali klik dan barang impian sudah bisa didapatkan. Seiring berkembangnya minat masyrakat berbelanja secara online maka semakin banyak pula situs yang menawarkan barang jualan baik melalui media sosial seperti Facebook, Twitter; situs gratis seperti blog, wordpress; maupun situs berbayar yang profesional. Semua itu adalah bentuk reaksi dari tingginya minat masyarakat akan berbelanja secara online.

Namun di sisi lain, beberapa dari situs yang menawarkan barang jualannya, banyak yang hanya digunakan sebagai sarana untuk melakukan modus penipuan. Maraknya kasus penipuan yang dilakukan oleh toko online palsu dapat mencoreng kepercayaan konsumen pada cara belanja secara online.

Banyak orang yang trauma atau takut belanja online karena banyaknya kasus penipuan yang terjadi. Padahal tidak semua toko online melakukan penipuan. Untuk itu, berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar terhindar dari penipuan dan jaringan penipuan toko online palsu.

  1. Belanjalah pada situs resmi yang memiliki domain sendiri.

Banyak kasus penipuan terjadi karena konsumen membeli dari penjual yang mempromosikan jualannya melalui media sosial seperti Facebook atau BBM. Ada baiknya Anda berbelanja pada toko online yang secara profesional memiliki situs dengan domain sendiri, bukan situs gratisan.

Memiliki domain sendiri berarti mereka serius dalam melakukan bisnis dengan membeli domain dan menyewa hosting sendiri. Bila Anda ingin berbelanja melalui Facebook atau BBM, sebaiknya bertransaksilah dengan orang yang sudah Anda kenal atau akun yang memiliki track record yang baik yang dapat dilihat dari testimoni pelanggannya.

  1. Hati-hati pada harga miring

Pastikan harga yang ditawarkan penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu mahal atau tidak terlalu murah. Anda bisa mengecek harga pasaran produk dari situs-situs lain yang menjual produk serupa. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati pada online shop yang menawarkan harga terlalu murah.

  1. Penjual perseorangan (mandiri)

Tidak ada salahnya bertransaksi dengan penjual perseorangan atau mandiri selama Anda mengenal betul sepak terjangnya dalam berbisnis. Kredibilitasnya dalam mengelola bisnis tersebut dari tahun ke tahun karena orang bisa saja berubah. Baik dulunya belum menjamin saat ini juga masih sama. Sebaiknya lihatlah pribadinya dari aktivitas mediannya seperti wall Facebook, postingan di blog atau websitenya yang dapat membuat Anda percaya.

  1. Sistem pembayaran

Utamakan transaski secara COD (Cash on Delivery) saat melakukan pembelian. Ada uang ada barang adalah cara teraman untuk belanja melalui situs online.

Bila Anda tidak memiliki waktu atau barang yang diincar berada di luar daerah, maka carilah penjual yang menerapkan sistem pembayaran melalui rekening bersama. Anda cukup mentransfer jumlah pembelian pada rekening bersama yang telah ditunjuk kemudian barang akan dikirim. Jika barang tidak sampai, maka uang Anda akan dikembalikan. Biasanya ada biaya untuk jasa seperti ini. Tetapi demi keamanan dan kebaikan bersama, cara ini adalah solusi terbaik untuk meminimalisasi penipuan. (AFF141006)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.