Kemuliaan Hubungan Persahabatan

    185
    0
    SHARE
    Source: shutterstock

    KabarFemale–Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling mulia. Bahkan manusia jauh lebih mulia daripada malaikat. Tentu jika kita sebagai manusia, menggunakan akal dan hati secara maksimal untuk mencapai derajat kemuliaan tersebut. Jika tidak, maka manusia jauh lebih hina dari pada hewan buas sekali pun.

    Dengan derajat kemuliaan tertinggi yang diberikan kepada manusia, kita pun bisa memuliakan makhluk lain dengan sangat baik. Contoh kecilnya ialah dalam hubungan persahabatan. Setiap orang memang membutuhkan orang lain sebagai sahabatnya. Namun lebih dari itu, dalam persahabatan, manusia sekaligus belajar memuliakan manusia lainnya.

    Dalam kehidupan sosial, manusia menjalin pertemanan dengan orang-orang berdasarkan tempat, nasib atau passion yang sama. Ada yang sekadar kenal, ada yang sampai kedekatannya melebihi dengan saudara kandung. Untuk sampai pada derajat kemuliaan sebuah persahabatan yang melebihi hubungan dengan saudara kandung, setidaknya harus melewati atau memenuhi 3 syarat berikut:

    1. Persahabatan atas dasar kebaikan.

    Kebaikan merupakan dasar yang diletakkan Tuhan bagi manusia untuk mengelola bumi. Termasuk juga dalam menjalin sebuah hubungan pertemanan. Dengan kebaikan, persahabatan akan langgeng. Kebaikan dalam persahabatan misalnya saling mengingatkan ketika teman lupa diri. Berbagi ilmu tanpa batas dengan sesama teman. Yang tak kalah pentingnya, hanya membela teman saat ia benar dan menegurnya ketika salah. Sebaliknya, jika persahabatan di bangun di atas kejelekan, ia akan rapuh. Tuhan pun tidak akan melimpahkan berkah-Nya kepada orang yang berteman atau bersahabat karena sebuah kejelekan.

    2. Persahabatan tidak selamanya simbiosis mutualis.

    Bagi seorang pembisnis, akan tetap berkomunikasi intens hanya dengan rekan bisnis yang bisa sama-sama menguntungkan secara materi. Tapi hal itu tidak berlaku dalam persahabatan sejati. Tak selamanya kita berbuat baik kepada sahabat demi mendapat balasan yang serupa. Juga tak mungkin kita meninggalkan teman yang hanya ada ketika dia membutuhkan kita. Menjalin persahabatan tidak selamanya harus saling menguntungkan. Ada kalanya kita harus berkorban demi membahagiakan sahabat kita. Tak jarang pula kita harus mengorbankan perasaan kita demi menjaga perasaan sahabat.

    3. Hubungan persahabatan pun diuji.

    Segala sesuatu yang bernilai kebaikan atau kemuliaan di dunia ini pasti diuji oleh Tuhan. Tak terkecuali persahabatan. Persahabatan bisa mencapai derajat sejati jika sudah pernah melewati ujian. Ujian persahabatan juga cukup beragam. Bisa berupa ujian kesetiaan terhadap sahabat, ujian keteguhan dalam memegang prinsip kebenaran, atau diuji dengan konflik yang membuat hubungan persahabatan renggang. Jika lulus ujian, maka persahabatan akan semakin kuat. Sebaliknya, jika gagal menghadapi ujian Tuhan, persahabatan bisa saja akan hancur.

    AFR150401

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY