Kembali Berteman Setelah Putus, Why Not?

    299
    0
    SHARE
    (c) Glamour

    RajaNego—Jatuh cinta kepada teman sendiri merupakan hal yang sangat mungkin terjadi. Kebersamaan dan perhatian menumbuhkan bibit-bibit cinta diantara pertemanan yang semakin akrab. Cinta memang sesederhana namanya. Perkenalan akan berakhir pada pertemanan. Pertemanan bisa berbuah cinta. Hubungan yang awalnya berteman pun berubah menjadi pacaran.

    Namun pacaran bukan pula jaminan bahwa hubungan akan bertahan selamanya dan berakhir pada pernikahan. Ketika di antara Anda dan pasangan sudah mulai terlihat ketidakcocokan dengan jelas, hubungan pun terpaksa diakhiri. Yang awalnya berteman, menjadi pacaran. Namun bisa kah hubungan dikembalikan pada status berteman lagi? Setelah sebelumnya pacaran dan berakhir pada putusnya hubungan.

    Kalau Anda dan mantan Anda mau, pasti bisa. Hanya saja mungkin tidak akan akrab seperti dulu sebelum pacaran. Beberapa masalah dalam hubungan asmara pasti mengubah sikap Anda maupun mantan Anda itu. Namun setidaknya, Anda masih bisa menjalin hubungan baik dengannya. Bagaimana caranya? Intip yuk cara berteman dengan mantan yang baru putus:

    1. Jangan berusaha untuk mencari-cari kesalahan masing-masing. Putus cinta merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Anda maupun mantan tidak perlu mencari-cari kesalahan masing-masing untuk mendapat pembenaran bagi diri sendiri. Jika Anda ingin tetap menjalin hubungan baik dengan mantan, ada baiknya Anda mengalah.

    Tidak masalah kalau Anda disalahkan olehnya asal silaturrahmi tetap terjalin. Anda masih bisa minta tolong pada mantan kalau Anda membutuhkan bantuannya. Anda juga tidak perlu malu menanyakan kabarnya kalau Anda tiba-tiba merasa kangen pada mantan Anda itu.

    2. Buat komitmen untuk tetap berteman. Satu-satunya cara agar Anda dan mantan bisa tetap berteman setelah putus, ialah dengan membuat komitmen. Kalau memang putusnya hubungan cinta kalian, putus dengan cara baik-baik, tidak ada salahnya jika hubungan kalian tetap baik pula. Katakan pada mantan Anda kalau Anda ingin tetap berteman dengannya.

    3. Buat kesepakatan untuk tidak saling mencampuri urusan pribadi masing-masing. Agar tidak seperti saat pacaran atau masih menjadi teman dekat, buatlah kesepakatan untuk tidak mencampuri urusan pribadi masing-masing.

    Kalau Anda dan mantan Anda ingin mencari orang lain, dipersilakan saja. Anda tidak harus pamit kepada mantan Anda yang sekarang berteman baik. Begitu pula dengan mantan Anda, tidak perlu pamit kepada Anda jika ingin menjalin hubungan asmara dengan orang baru.

    4. Yang lalu biar lah berlalu. Jika kebetulan ada saat-saat dimana Anda bersama mantan sekaligus teman Anda itu, usahakan agar tidak membahas atau mengungkit luka lama. Yang lalu biarkan berlalu. Tidak perlu dibahas kembali. Cukup dijadikan kaca spion oleh Anda dan mantan Anda.

     

    AFR150201

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY