Kapan Harus Cemas Tentang Kesuburan Anda?

    111
    0
    SHARE
    Kapan Harus Cemas Tentang Kesuburan Anda?
    Source: shutterstock

    KabarFemale—Wajar bila Anda cemas setelah satu atau dua bulan berusaha hamil tapi belum ada hasil. Setelah selama bertahun-tahun tidak menginginkan kehamilan, Anda mengira akan segera hamil ketika berhenti minum pil KB. Lalu ternyata apa yang Anda harapkan tidak semudah itu terjadi. Meski ternyata Anda kini lebih sulit untuk hamil, tidak perlu terlau cemas.

    Kebanyakan dokter mengatakan Anda perlu cemas setelah setahun penuh berusaha hamil tapi tidak berhasil. Tapi bila baru sekitar 9 bulan dan Anda merasa ada masalah, jangan ragu berkonsultasi pada dokter. Bila ada alasan psikologis yang menyebabkan Anda tidak hamil, Anda bisa mulai mencari penanganan yang tepat, dan jika tes menyatakan normal Anda menjadi lebih tenang. Pengecualian bila usia Anda lebih dari 35 tahun, Anda perlu bertemu spesialis setelah mencoba hamil selama 6 bulan. Kesuburan mulai menurun pada usia ini, dan dengan menemukan masalah kesuburan lebih dini, Anda tidak banyak membuang waktu.

    Kadang wanita lebih menyalahkan diri sendiri untuk masalah kesuburan, tapi sebenarnya sekitar 35 hingga 40 persen kasus masalah kesuburan bisa terjadi pada pria, 35 hingga 40 persen bisa terjadi pada wanita, dan sisanya ada pada area abu-abu karena faktor dari keduanya. Satu-satunya cara untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah kesuburan adalah dengan bertemu spesialis dan Anda berdua dites. Namun begitu tetap ada tanda peringatan yang bisa diketahui, bahkan sebelum Anda bertemu dokter.

    Penyebab paling umum masalah kesuburan pada pria
    Bila masalahnya ada pada pasangan pria Anda, penyebab utamanya biasanya gangguan sperma seperti jumlah sperma rendah, motalitas sperma rendah, atau kualitas gerakan sperma. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain:
    – Usia. Jumlah sperma tidka berkurang, tapi muali kehilangan motalitas sekitar usia 40 tahun.
    – Masalah imunitas. Ini bisa juga mempengaruhi motalitas dan kemampuan sperma untuk tertanam di sel telur.
    – Masalah berat badan. Jika pria lebih atau kurang berat badannya, bisa berpengaruh pada fungsi sperma.

    Penyebab paling umum masalah kesuburan pada wanita
    Sayangnya, ada lebih banyak fakotr pada Anda. Berikut beberapa masalah utama yang bisa menjadi penyebab masalah kesuburan Anda:
    – Usia, sel telur menurun drastis setelah usia 30 tahun
    – Tumor jinak dalam rahim. Anda membutuhkan pembedahan yang disebut myomectomy
    – Penyakti radang panggul
    – Kista ovarium
    – Mensturasi tidak teratur
    – Adhesi
    – Sindrom ovarium polikistik

    AFI150401

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY