Jenis Mainan Bayi 6 Bulan Pertama

    161
    0
    SHARE
    Source: Dipomojosari

    KabarFemale – Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan dilakukan oleh bayi. Ini juga merupakan kegiatan yang bisa menambah keakraban si kecil dengan orang tuanya, terutama dengan ibu. Nah, di usia enam bulan pertama, penting juga memberikan mainan yang bisa mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhannya. Apa saja mainan yang cocok jadi mainan bayi 6 bulan pertama?

    Contoh Mainan Bayi 6 Bulan Pertama

    Mainan tidak hanya untuk dimainkan demi hiburan saja. Saat usianya sejak dini, mendidiknya atau merangsang motorik dan kepekaan serta perasaan lewat mainan juga bisa dilakukan. Berikut ini adalah mainan bayi 6 bulan pertama yang bisa Anda berikan pada bayi.

    • Mainan Gantungan

    Mainan ini biasanya digantung di tempat tidur bayi atau di alat tidur yang lengkap dengan gantungan mainan. Mainan ini bisa Anda pilih untuk usia 6 bulan pertama karena bagus untuk stimulasi visual anak. Jika mainan gantung mengeluarkan suara, ini juga baik untuk pendengaran si kecil. Pilih mainan dengan warna yang mencolok, menarik dan berwarna-warni. Gantungkan dan gerakkan untuk mendapatkan perhatiannya. Lalu, si kecil akan belajar menendang mainan tersebut dengan kakinya.

    • Mainan Cermin

    Tentu, cermin yang diberikan bukan berbahan kaca, tapi plastik yang aman untuk si kecil. Cermin mainan ini biasanya juga punya bentuk yang lucu-lucu dan warna yang cerah. Dengan memberikan mainan ini, si kecil akan belajar untuk mengenali dirinya sendiri. Anda juga bisa menggerakkan cermin ke bagian tubuh lain. Atau hadapkan cermin ketika bayi sedang tengkurap. Dia mungkin akan mengeluarkan mimik wajah yang lucu dan menggemaskan.

    • Kaos Kaki dan Gelang Ikat

    Tentu kaos kaki dan gelang ikat ini memiliki bahan yang lembut dan tidak membuat kulit bayi teriritasi. Pasangkan mainan ini ke tangan dan kaki, si kecil pasti akan mulai penasaran dan akhirnya bermain dengan mainan tersebut. Pilih kaos kaki dan gelang ikat mainan yang bisa mengeluarkan bunyi sehingga si kecil akan makin sering menggerakkan tangan dan kakinya. Ini akan bagus untuk refleksi dan motorik si kecil.

    • Mobil, Pesawat atau Kereta Mainan

    Memberikan mainan yang berbentuk seperti alat transportasi juga bagus untuk si kecil. Ini bisa jadi sarana yang menemani Anda bernyanyi. Misalnya menyanyikan lagi Naik Kereta Api dengan memainkan boneka kereta. Pilih mainan dengan bahan kain yang lembut. Untuk anak perempuan, Anda juga bisa memberikan jenis mainan ini atau ganti dengan boneka-boneka. Lalu rangkai cerita dengan boneka-boneka tersebut.

    • Mainan Beroda

    Saat ini memang beberapa bayi sudah mau belajar untuk merangkak. Memberinya mainan dengan roda akan menstimulasinya untuk merangkak. Atau Anda juga bisa memberikan mainan yang bertali, kemudian Anda bisa menarik mainan dengan tali sehingga si kecil belajar untuk merangkak dan menggapainya. Ini bagus juga untuk motorik si kecil.

     

    BFI15040256

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY