Jeans Jarang Dicuci, Apakah Bagian Dari Fashion?

Jeans Jarang Dicuci, Apakah Bagian Dari Fashion?

71
0
SHARE

KABARFEMALE – Celana jeans menjadi salah satu fashion item yang selalu menjadi favorit pemakainya. Ada bergam macam alasan, namun yang paling disukai dengan celana berbahan denim ini kamu bisa memadupadankan berbagai gaya termasuk dengan tren fashion saat ini. Bicara celana jeans, mungkin kamu pernah mendengar pendapat mengenai pemakaian dan pencucian jeans. Ya, kabarnya jeans tidak perlu sering dicuci meskipun telah dipakai berkali-kali. Apakah ini bagian dari fashion?

Jeans Jarang Dicuci, Apakah Bagian Dari Fashion

Beberapa pakar fashion termasuk beberapa pengusaha yang memproduksi jeans berpendapat celana jeans sebaiknya memang tidak perlu terlalu sering dicuci. Alasannya, untuk mempertahankan kualitas warna dan tingkat stretchy atau melarnya celana tersebut.

Warna biru pada jeans dibuat oleh pewarna alami indigo, sedangkan untuk tingkat stretchy tergantung dari bahan jeans itu sendiri dan seberapa sering pemakainnya. Sehingga jika warna indigo pada jeans mulai memudar atau tingkat stretchy berkurang bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kesalahan dalam pencucinya.

Tidak jauh berbeda dengan beberapa alasan di atas, untuk sebagian orang yang memilih tidak mencuci jeans selama berbulan-bulan demi mendapatkan efek-efek tertentu. Ada yang beralasan, jeans yang jarang dicuci biasanya akan menimbulkan efek garis-garis pudar yang lebih kontras dimana garis-garis tersebut bisa tampak pada bagian selangkangan, pinggiran jahitan di sekitar paha atau lutut. Lalu, bagaimana jika dilihat dari kesehatannya?

Pakar kesehatan menyebutkan jika celana jeans yang jarang dicuci ternyata tetap aman untuk dipakai. Salah satu pakar kesehatan dari University of Alberta, Kanda, pernah melakukan penelitian pada sebuah celana jeans milik mahasiswanya yang sudah 15 bulan tidak dicuci sama sekali. Dari penelitian ini, diketahui jika celana jeans ini memiliki jumlah bakteri yang relatif setara dengan celana yang baru dicuci dan dipakai selama 13 hari, dimana yang ditemukan hanyalah flora dari kulit pemakainya.

Jadi walaupun disarankan agar tidak mencuci jeans, kamu tetap harus mencucinya. Sebaiknya kamu mencuci celana setelah merasa jeans tersebut kotor atau setelah pemakaian keenam. Ini karena faktor kebersihan juga kesehatan dan bukan semata fashion. Namun, untuk menyiasati jeans yang sudah lama dipakai tanpa dicuci, kamu cukup mengangin-anginkan dengan cara dijemur secara terbalik di tempat yang teduh. Jika terdapat noda, kamu pun bisa membawa jeans kesayangan untuk di dry-clean agar warna indigo jeans tetap terjaga. Usahakan cara ini dilakukan setiap kamu memakai celana jeans.

SHARE
Previous articleFashion Korean Style Tidak Pernah Ketinggalan Zaman
Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY