Ini Loh Moms Pengertian Kehamilan

    411
    0
    SHARE
    Ini Loh Moms Pengertian Kehamilan
    Source : indianexpress.com

    KabarFemale—Menurut ensiklopedia bebas wikipedia pengertian kehamilan adalah  masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misal pada kasus kembar, atau triplet/kembar tiga).

    Pengertian kehamilan juga memiliki beberapa tahap yaitu:

    1. Trimester pertama
    Pada tahap ini kehamilan berlangsung mulai dari minggu ke 1 hingga minggu ke 13 dimana dalam pengertian kehamilan pada masa ini janin dapat mulai dilihat dari sebuah titik kecil hingga berkembang menjadi gumpalan berekor dan memiliki bentuk kepala yang sangat besar bahkan melebihi ukuran tubuhnya.
    2. Trimester kedua
    Sedangkan pada tahap trimester kedua kehamilan terhitung mulai minggu ke 14 sampai minggu ke 27 dimana Nada dapat melihat perkembangan janin sudah mulai terbentuk seperti bentuk telinga yang mulai terlihat sesuai pada posisinya yaitu di kiri dan kanan kepala. Selain itu bentuk jari-jari juga sudah mulai terlihat. Pada masa ini organ dalam tubuh bayi juga sudah mulai berfungsi bahkan Anda dapat merasakan detak jantungnya yang dua kali lebih kuat dari detak jantung Anda.
    3. Trimester ketiga
    Dan pada tahap trimester ketiga atau tahap terakir usia kehamilan memasuki minggu ke 28 hingga minggu ke 33 atau hingga masa persalinan, karena biasanya perkiraan persalinan sering tidak tepat dan sering lebih awal dari perkiraan. Pada masa ini Anda dapat melihat bahwa janin Anda telah memiliki bentuk yang sempurna layaknya bayi pada umumnya, dan bentuk ini akan bertahan hingga ia dilahirkan.

    Dalam memahami pengertian kehamilan kai ini, kita juga harus tahu usia kehamilan. Usia atau umur kehamilan dapat dihitung dengan menggunakan:

    1. Rumus Neagele
    Yaitu rumus untuk menentukan HPL atau Hari Perkiraan Lahir (HPL, EDC=Expected Date of Confinement)
    2. Gerakan pertama fetus atau janin
    Yaitu gerakan yang dirasakan pada usia kehamilan sekitar minggu ke 16
    3. Palpasi Abdomen
    Yaitu sebuah teknik yang dilakukan dengan cara mendeteksi perut bunda untuk penentuan letak dan posisi janin
    4. Perkiraan pada tinggi fundus urteri
    Yaitu dengan cara melihat tinggi fundus urteri dengan menggunakan caliper atau pita ukur khusus yang dilakukan dengan perbedaan metode
    5. Ultrasonografi (USG)
    Yaitu penentuan usia kehamilan dengan menggunakan deteksi dengan ultrasonografi atau USG, dengan menggunakan USG Anda juga dapat mengonfirmasi kehamilan Anda.

    Sekarang sudah tahu kan bunda, apa itu pengertian kehamilan. Semoga bermanfaat.

    BFI15030112

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY