Hitam-Biru atau Putih-Emas: Anda Tim Yang Mana?

Hitam-Biru atau Putih-Emas: Anda Tim Yang Mana?

234
0
SHARE
(c) Guim

RajaNego—Apakah anda tahu mengenai perdebatan di dunia maya mengenai warna sebuah gaun? Perdebatan yang terjadi cukup sengit karena sebagian menganggap warna gaun tersebut adalah putih dan emas, sedangkan sebagian lainnya mengatakan bahwa warna gaun tersebut adalah hitam dan biru. Masalah ini tidak berhenti di dunia internet, bahkan pihak televisi pun turut menyiarkan mengenai perdebatan ini.

Masalah ini dimulai ketika seorang pengguna Tumblr, Caitlin McNeill dengan akunnya “swiked”, mengunggah sebuah foto gaun dan menanyakan warna gaun tersebut. Dalam tulisannya dia berkata bahwa dia dan temannya berbeda pendapat tentang warna gaun tersebut. Dengan lebih dari 400 ribu notes dan ratusan artikel, warna sebuah gaun mampu membuat dunia menjadi dua kubu: hitam dan biru, atau putih dan emas.

Saat perdebatan semakin sengit, akhirnya foto warna asli gaun tersebut pun diunggah ke internet melalui situs BuzzFeed. Warna asli gaun tersebut adalah hitam dan biru. Para tim putih-emas merasa bingung karena mereka yakin gaun tersebut berwarna putih dan emas.

Bahkan para selebritis Hollywood pun berlomba-lomba menulis tweet tentang gaun tersebut. Taylor Swift dan Kanye West merupakan beberapa selebritis yang menyatakan bahwa gaun tersebut berwarna biru dan hitam. Sedangkan dilain pihak, Julianne Moore dan Kim Kardashian berpendapat bahwa gaun tersebut berwarna putih dan emas.

Para ahli berpendapat bahwa pencahayaan berpengaruh pada warna dari gaun tersebut. Sedangkan ahli mengenai tubuh manusia berpedapat bahwa visual sistem manusialah yang mempengaruhi warna gaun tersebut. Otak bisa mempengaruhi interpretasi kita terhadap cahaya.

Cahaya yang disebut “luminance” adalah kombinasi dari berapa banyaknya cahaya yang menyinari dan direfeleksikan oleh objek. Jika cahaya pada foto tersebut dikurangi, maka akan tampak jelas warna asli gaun tersebut. Semua itu tergantung pada persepsi masing-masing orang. Banyak orang melihat warna biru pada latar belakang yang putih. Namun, pada latar belakang yang lebih gelap, beberapa mungkin akan melihatnya berwarna putih.

Perdebatan ini memberikan pengaruh negatif pada sang pengunggah dan positif pada pembuat gaun tersebut. Ratusan panggilan harus dihadapi oleh Caitlin. Di lain pihak, toko pembuat gaun tersebut, Roman Originals, melaporkan bahwa situs penjualan mereka menjadi populer semenjak 18 jam setelah foto tersebut diunggah.

Direktur desainer dari Roman Originals pun menyatakan bahwa gaun tersebut benar berwarna hitam dan biru. Meskipun perdebatan gaun ini masih cukup ramai, kita semua harus setuju dengan satu hal: tim putih dan emas kalah dalam perdebatan ini. Lalu, anda tim yang mana?

 

AFF150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY