Gizi untuk Ibu Hamil Trimester 2 Minggu ke 17

    367
    0
    SHARE
    Gizi untuk Ibu Hamil Trimester 2 Minggu ke 17
    Source: Kazandoctor

    KabarFemale — Hai bunda, tidak terasa ya, bun, sudah memasuki trimester 2. Pada minggu ke 17 ini tentunya janin sudah semakin bertumbuh di mana tulang rawan telah berubah menjadi tulang keras yang lebih kuat. Selain itu plasenta juga menjadi semakin tebal dan kuat untuk menopang pertumbuhan janin yang juga terus bertambah.

    Dengan semakin bertambahnya usia kehamilan bunda, tentu bunda juga harus lebih memperhatikan lagi asupan nutrisi untuk terus mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan dari janin bunda. Untuk itulah bunda harus tetap makan makanan yang sehat dan kaya gizi ya, bun. Lalu apa saja sih gizi untuk ibu hamil di trimester kedua ini?

    Menurut laman ayahbunda.co.id berikut adalah gizi untuk ibu hamil trimester2 minggu ke 17:

    1. Penuhi cairan tubuh
      Gizi untuk ibu hamil trimester 2 minggu ke 17 yang pertama adalah pastikan bunda selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh ya, bun. Karena beban kandungan yang semakin meningkat juga membutuhkan penambahan energi bunda. Untuk itu jangan lupa untuk selalu minum air putih 6 sampai 8 gelas per hari ya, bun.
    2. Asupan zat besi
      Selain pemenuhan cairan tubuh, Anda juga memerlukan banyak asupan zat besi ya bun. Sebagai zat yang berfungsi dalam pembentukan sel darah, kebutuhan asupan zat besi sangat diperlukan untuk proses pertumbuhan jaringan dan sel dara merah pada janin Anda. Untuk itu jangan lupa makan makanan yang kaya akan zat besi ya, bun. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran daun hijau seperti bayam, dan dari kelompok hewan Anda bisa mendapatkannya dari daging dan telur.
    3. Jangan lupakan vitamin C ya bun
      Selain kedua nutrisi di atas, kebutuhan gizi lainnya adalah vitamin C. Kebutuhan vitamin C di sini sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah janin di minggu ke 17 ini. Selain itu kebutuhan vitamin C juga dapat mengoptimalkan fungsi jantung dan peredaran darah janin yang sedang bertumbuh pesat pada trimester kedua. Kebutuhan vitamin C juga dapat menghindarkan dari risiko keguguran dan mengoptimalkan berat badan bayi ideal sehingga terhindar dari bayi dengan berat badan lahir ringan atau BBLR.

    Itulah beberapa gizi untuk ibu hamil yang penting untuk bunda perhatikan. Dan pastikan selalu kebutuhan nutrisi selalu tercukupi dengan seimbang ya, bun.

    BFI15030148

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY