Fakta Kurang Menyenangkan Tentang Persahabatan

    170
    0
    SHARE
    Source: alicemop

    KabarFemale− Persahabatan merupakan ikatan yang hampir semua orang mempercayai dan menjalaninya. Setiap orang setidaknya memiliki satu teman akrab atauu sahabat. Persahabatan terjalin atas dasar beberapa kesamaan pandangan, seringnya komunikasi, serta tingginya intesnsitas pertemuan. Semakin sering Anda ngobrol dengan seseorang, semakin dekat hubungan pertemanan Anda. Apalagi jika didukung dengan intensitas kebersamaan dan kesamaan cara memandang banyak hal.

    Namun demikian, ikatan persahabatan bukan berarti tanpa kekurangan. Karena merupakan ikatan yang dibangun oleh kebudayaan manusia, ia juga pasti memiliki kekurangan. Fakta bahwa persahabatan yang sudah terjalin selama puluhan tahun sekilipun, pasti memiliki sisi kelemahan. Berikut ini beberapa fakta tentang persahabatan kurang menyenangkan:

    1. Sahabat akan diabaikan bila orang sedang jatuh cinta. Coba lihat teman-teman dekat Anda bila mereka sedang bahagia dengan pasangannya. Mereka pasti cenderung mengabaikan Anda. Misalnya Anda diajak jalan-jalan oleh teman, tapi di perjalanan, dia malah bertemu pasangan atau gebetan. Maka Anda akan diminta untuk jalan masing-masing saja. Namun bila teman Anda sedang patah hati atau bertengkar dengan pasangan, Anda lah yang akan menjadi tempat pelarian. Hal ini lumrah terjadi. Karena ikatan persahabatan memang lebih dinomor duakan dibandingkan dengan ikatan cinta.

    2. Sahabat juga merupakan orang yang sering diabaikan bila sedang sibuk. Cobalah Anda menelpon di jam-jam sibuk. Kemungkinan besar Anda akan diabaikan. Bahkan Anda akan dianggap sebagai pengganggu dalam bekerja. Jika kesal, teman Anda akan mematikan handphonenya. Namun bila orang yang menelpon adalah gebetan, sesibuk apapun pasti diangkat. Kemudian berkata bahwa dirinya tidak sedang sibuk.

    3. Persahabatan merupakan ikatan simbiosis mutualis. Diakui atau tidak, asas saling memberi dan membutuhkan sangat berlaku dalam persahabatan. Ketika ada salah satu teman yang hanya ada saat dia butuh, Anda pasti kesal. Anda akan mengambil langkah seribu untuk menjauh dan menjaga jarak darinya. Jika Anda termasuk teman yang baik, Anda akan merasa tidak nyaman bila tidak bisa membantu teman karena ketidakmampuan Anda. Beda lagi kalau Anda memang tidak mau membantu.

    4. Kedekatan tempat sangat berpengaruh terhadap ikatan persahabatan. Semakin tinggi intensitas pertemuan Anda, semakin dekat lah hubungan persahabatan Anda. Namun konflik juga akan semakin sering terjadi. Entah konflik akibat perbedaan pendapat atau salah paham. Sebaliknya, bila Anda atau teman Anda pindah kediaman yang jauh (misalnya ke luar negeri), komunikasi akan semakin jarang. Hubungan tidak akan sedekat sebelumnya. Konflik pun tidak akan terjadi.

    AFR150701

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY