Cara Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak

    148
    0
    SHARE
    Source: shutterstock

    KabarFemale—Apakah anak Anda mengalami kesulitan berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan rumahnya? Anak belajar untuk menganalisa dan berpikir ketika mereka mengeksplorasi dunia di sekitarnya. Anak cenderung terganggu oleh hal yang terjadi di sekitarnya. Tak perlu khawatir karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik.

    Jaga pola maka nyang sehat
    Anak relatif lebih tinggi memiliki asupan makanan yang diproses, makanan berpemanis, dan lemak jenuh. Penelitian menunjukkan kalau makanan yang kaya sayur dan buah baik untuk fungsi otak anak. Makanan dengan pewarna makanan bisa membuat anak hiperaktif, sehingga orangtua disarankan untuk menghindari makanan ini.

    Lakukan rutinitas setiap hari
    Memiliki rutinitas jadi hal penting agar anak memahami kalau ada waktu untuk segala sesuatu misalnya waktu untuk melakukan tugas rumah, tidur, atau pekerjaan rumah. Memiliki ritual untuk anak akan membantu ia memiliki pola, dan pola ini akan membantu anak mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Ini membantu anak fokus pada yang dilakukan dan menghindari pikiran terpecah.

    Batasi penggunaan peralatan elektronik
    Para ahli menyatakan anak yang lebih dari usia 2 tahun hanya boleh menonton TV selama 2 jam setiap hari, sedang anak usia dibawah dua tahun tidak boleh menonton TV sama sekali. Disarankan Anda menetapkan aturan yang sama pada anak yang lebih besar karena terlalu banyak menonton TV bisa menghambat anak melakukan aktifitas fisik seperti mengerjakan pekerjaan rumah, membaca, bermain di luar rumah, dan berinteraksi dengan anggota keluarga dan teman.

    Berlatih secara fisik dan mental
    Latihan fisik dan mental sama pentingnya untuk meningkatkan konsentrasi anak. Anda bisa coba permainan untuk menstimulasi anak fokus dan berfikir secara strategis. Anak yang melakukan 30 menit olaharag fisik setiap hari bisa fokus lebih baik dan lebih positif.

    Kurangi gangguan
    Sediakan tempat yang nyaman dan tenang untuk meningkatkan konsentrasi anak karena anak belum memiliki kemampuan yang sama seperti orang dewasa untuk mengatasi gangguan. Musik berirama lembut di area kerja bisa membantu menyamarkan suara gangguan yang datang dari ruangan lain.

    Beri pujian lebih banyak daripada kritik
    Memberi pujian pada anak sangat penting. Hindari mengkritik anak yang tidak perlu terutama karena ia kehilangan konsentrasi. Ketika Anda melihat anak kehilangan konsentrasi, coba ajak ia kembali fokus pada apa yang ia sedang kerjakan tanpa perlu mengkritiknya.

    AFI150801

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY