Cara Memberi Dukungan Pada Pasangan Selama Hamil (Bagian 1)

    136
    0
    SHARE
    © dailymail

    KabarFemale—Bisa dikatakan wanita yang melakukan paling banyak hal ketika hamil. Ketika pasangan berjuang melewati morning sickness dan rasa lelah kehamilan, para suami bisa membantunya dengan:

    Memberi bantuan tanpa diminta

    Kehamilan berpengaruh pada tingkat energi, mungkin Anda dapati istri tertidur saat baru pulang kerja. Ada banyak cara untuk bisa membantunya, tempat terbaik untuk memulai adalah di rumah. Lakukan beberapa tugas rumah agar pasangan bisa mendapat istirahat yang cukup dan rumah tidak berantakan.

    Berubah seperti ia berubah

    Pasangan mungkin harus melakukan perubahan gaya hidup sejak ia hamil. Ia berhenti merokok, berhenti minum alkohol, beralih ke pola makan sehat, dan mulai berolahraga. Bantu ia dengan melakukan perubahan pada diri Anda juga. Bila Anda merokok, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berhenti, dengan begitu Anda mendapat manfaat dari rumah yang bebas rokok ketika bayi lahir nanti.

    Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga teridentifikasi memiliki faktor resiko untuk bayi dan anak. Kurangi alkohol yang Anda minum, ikuti pola makan sehat bersama pasangan, dan mulai jalan kaki bersamanya.

    Mencari tahu tentang kehamilan

    Baca buku, cari informasi online, dan bicara pada teman yang telah menjadi ayah tentang kehamilan, kelahiran, dan setelahnya. Cari tahu apa yang bisa Anda lakukan dan minta saran dari orang yang Anda percaya tentang bagaimana menjadi pasangan dan ayah yang baik.

    Berada di sisinya

    Cara terbaik untuk mendukung pasangan selama hamil adalah dengan selalu menemaninya, secara emosional hadir bersamanya. Pergilah menemaninya memeriksakan kehamilan. Temani saat ia mengikuti kelas menyusui atau kegiatan apapun untuk mempersiapkan kelahiran bayi.

    Sediakan waktu tiap minggu untuk duduk dan hadir bersama pasangan dan calon bayi. Bicara pada bayi di dalam perutnya. Rasakan bayi Anda di perut istri. Baca buku perkembangan bayi bersama untuk mengetahui perkembangan bayi minggu ini, dan nikmati momen ini. Ia perlu tahu Anda ada bersamanya dan akan mencintai bayi dan ibunya ketika waktu kelahirannya tiba.

    Katakan kalau ia cantik

    Banyak wanita merasa sulit untuk mengatasi perubahan tubuh selama hamil. Ia mungkin khawatir tentang stretch marks, penambahan berat badan, atau merasa tidak seperti dulu lagi. Katakan ia terlihat cantik, beri pujian untuk kehamilannya, dan pastikan ia tahu betapa Anda mencintainya.

    Memijat

    Lakukan pijatan pada kaki, punggung, atau seluruh tubuh yang ia butuhkan. Gunakan minyak pijat untuk membuatnya rileks dan mengurangi rasa tidak nyaman pada tubuhnya selama hamil. Nantinya Anda akan lebih percaya diri untuk memijat buah hati Anda.

    AFI150201

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY