Beberapa Jenis Hadiah Penyemangat Anak Dalam Belajar

    366
    0
    SHARE
    source : blogspot.com

    KabarFemale− Pada proses awal belajar, anak manapun pasti semangat untuk belajar dan berangkat ke sekolah. Teman-teman dan pengalaman baru merupakan motivasi yang cukup kuat bagi anak untuk belajar. Apalagi ditambah dengan tas baru, sepatu baru serta baju seragam yang masih serba baru. Namun seiring berjalannya waktu, anak pasti akan tiba pada situasi dimana dirinya merasa bosan belajar dan sekolah. Sesuatu yang dilakukan berulang-ulang memang berpotensi besar terjadi kebosanan.

    Kebosanan dalam proses belajar tentu tidak akan terjadi bila guru maupun orang tua pandai-pandai menciptakan suasana baru bagi proses belajar anak. Dibutuhkan kreativitas serta kesabaran penuh. Guru harus lebih kreatif dalam menggunakan strategi dan metode pembelajaran. Sedangkan orang tua harus kreatif dalam menunmbuhkan semangat belajar anak. Salah satu pemicu semangat dan pencegah kebosanan dalam belajar anak ialah pemberian hadiah.

    Tentu pemberian hadiah dalam porsi yang tepat. Bila anak salah tapi tetap diberi hadiah, ia akan menganggap hal itu bukan merupakan kesalahan. Hadiah yang diberikan pun harus bervariatif dan menunggu momen tepat. Misalnya saat liburan semester, saat anak mendapat prestasi tertentu dan sebagainya. Berikut ini beberapa variasi hadiah yang dapat Anda berikan untuk anak:

    1. Liburan ke taman bermain. Menciptakan suasana atau pengalaman baru kepada anak di akhir tahun tidak perlu sesuatu yang mahal. Liburan ke taman bermain bisa membuat otak anak fresh dari aktivitas belajar selama kurun waktu tertentu. Liburan selain berfungsi sebagai hadiah pemberi motivasi, ia juga mencegah terjadinya kebosanan dalam belajar anak.
    2. Hadiahberupa mainan. Wakau bagaimanapun beratnya tugas belajar anak, dunianya masih tetap dunia bermain. Tak terkecuali anak yang sudah beranjak remaja bahkan dewasa. Bagi anak-anak, membelikan ia mainan baru akan membuat semangatnya tumbuh. Belikan mainan tersebut sebagai wujud perhatian orang tua. Hal ini juga menjadi bukti bahwa orang tua tidak ingin anak berhenti bermain hanya karena terlalu sibuk belajar. Bagi anak yang sudah beranjak remaja atau dewasa, belikan hadiah sesuai hobinya.
    3. Hadiahyang berhubungan dengan proses belajar. Crayon baru, tas baru, seragam baru atau bahkan buku bacaan baru bisa menjadi pilihan hadiah untuk anak yang baru mendapat prestasi tertentu. Meskipun prestasi tersebut hanya tingkat kelas.
      4. Hadiah lain yang bisa membuat anak senang dan termotivasi untuk terus belajar. Hadiah apapun yang bisa membuat anak merasa senang patut diberikan oleh orang tua. Dan akan jauh lebih baik jika hadiah tersebut berhubungan dengan motivasi belajarnya.

     

    AFR150701

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY