Beberapa Hal Yang Secara Tidak Sadar Menyakiti Teman

    227
    0
    SHARE
    source : blogspot.com

    KabarFemale− Dalam hubungan sosial, kita tidak pernah bisa sepenuhnya lepas dari orang lain. Setiap saat kita akan butuh pada orang lain untuk membantu kita bertahan hidup. Oleh karena itu lah, setiap orang tentu memiliki ruang pergaulan yang cukup luas dalam hubungan simbiosis mutualis. Dalam hubungan yang lebih sempit, minimal kita memiliki seorang teman dekat atau sahabat. Sahabat menjadi sangat dibutuhkan keberadaannya saat kita sedang dalam kesusahan.

    Tidak mudah membangun persabatan hingga terjalin rasa saling menyayangi satu sama lain. Tentu kasih sayang dalam konteks persahabatan. Ketika rasa saling menyayangi sudah ada dalam sebuah ikatan persabatan, akan timbul perasaan tidak ingin mengecewakan atau menyakiti sahabat kita. Meski hal itu tidak sekuat saat kita jatuh cinta pada lawan jenis. Namun setidaknya, persahabata yang diikat dengan perasaan saling menyayangi, tidak akan secara sadar atau sengaja menyakiti satu sama lain.

    Namun demikian, yang namanya manusia pasti pernah melakukan tindakan yang membuat sahabat kita tersakiti atau kecewa. Meski tindakan tersebut kita lakukan secara tidak sadar, tetap saja menyakiti teman kita. Untuk bisa lebih berhati-hati agar tindakan tidak menyakiti teman, berikut ini beberapa tindakan tak sengaja yang bisa membuat teman kecewa:

    1. Bercanda mengenai hal pribadi teman. Bercanda menjadi bahan konsumsi psikologis hampir semua orang saat ini. Setiap hari orang pasti butuh bercanda untuk mengurangi tingkat stres. Entah stres akibat sekolah atau pekerjaan. Namun demikian, bercanda dengan teman juga ada aturannya. Bila yang dijadikan bahan candaan merupakan masalah pribadi teman, bisa jadi teman kita akan tersinggung. Kalau sudah tersinggung, dia akan kecewa dan sakit hati pada kita. Oleh karena itu, seasyik apapun saat bercanda, hindari bercanda hal pribadi teman. Apalagi bila itu aibnya.
    2. Menegur atau mengkritik tanpa aturan. Maksud hati ingin memperbaiki kesalahan yang dilakukan teman, tapi semuanya jadi berantakan bila tanpa aturan. Mengkritik dalam hubungan pertemanan memang sangat dianjurkan. Sebab dengan begitu, pertemanan membawa perubahan yang positif pada pribadi kita. Agar tidak menyakiti teman, sampaikan kritik dengan santun.
    3. Terlalu mementingkan diri sendiri. Bila kita hanya ada saat diri kita butuh saja, siapa yang mau berteman dengan kita? Bahkan teman yang sudah akrab sekalipun, akan menjauh karena terlalu sering dikecewakan. Dalam hubungan sosial apapun, memang diharapkan berdasarkan asas saling menguntungkan.
    4. Meluapkan kekesalan lain pada teman. Kesal gara-gara orang lain tapi justru marah-marah pada teman. Tentu kita akan dimarahi juga. Tindakan seperti ini justru lebih parah. Selain menyakiti teman, kita pun menjadi tersakiti karena amarah teman.
      Kalau kita terlanjur bertindak sebagaimana 4 hal di atas, keadaan hanya bisa diperbaiki dengan maaf dan tidak mengulangi tindakan yang sama. Terlebih bila teman kita benar-benar telah kita buat kecewa. Baik karena tindakan sadar atau tidak.

     

    AFR150701

    SHARE
    Previous articleHoroskop 10-16 Agustus 2015
    Next articleTetap Trendy Saat Ngantor
    Gadis pecinta kesederhanaan. Karena hidup itu sederhana. Jadi jangan dibuat rumit dan berlebihan

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY