Be A Fashion Designer Part 2: Modal Menjadi Seorang Fashion Designer

Be A Fashion Designer Part 2: Modal Menjadi Seorang Fashion Designer

274
0
SHARE
Be A Fashion Designer Part 2: Modal Menjadi Seorang Fashion Designer
Source image: google

KREATIF !!!
Ya, kreativitas adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap pekerja seni, khususnya fashion desiger. Kreativitas selalu lekat dengan inspirasi dan inspirasi bisa datang dari mana saja. Tidak melulu harus melalui majalah fashion, inspirasi bisa di dapat ketika sedang mendengarkan musik, traveling, ataupun sedang menonton film.

Ciri khas
Seorang fashion designer juga harus memiliki ciri khas agar memiliki benang merah antara satu desain dengan desain lain dalam karyanya. Selain itu, seorang perancang juga penting memiliki kemampuan untuk bisa memberi sentuhan baru ataupun ide segar pada gaya lama karena tren terus berulang dan berinovasi. Sisi artistik dan orisinalitas penting untuk dimiliki agar bisa sukses di bidang ini.

Mengetahui selera pasar
Selain mengasah kreativitas, mengetahui selera pasar juga sangat penting. Desain yang sangat bagus tanpa ada pemakainya adalah sia-sia. Agar tetap up to date dengan tren yang berkembang, bergabung dengan komunitas sesama perancang atau program UKM (Usaha Kecil Menengah) bisa menjadi sebuah pilihan. Lebih baik fokus menentukan selera pasar yang akan dibidik, mulai dari usia, pekerjaan, pendapatan, dan gaya hidup. Bila sudah memiliki target pasar yang akan dibidik, akan lebih mudah bagi seorang fasgion designer untuk bersaing di dunia bisnis.

Mampu bekerja di bawah tekanan
Bekerja sebagai fashion designer memang terlihat santai dan menyenangkan. Bercanda dengan klien atau jalan-jalan di acara-acara fashion show yang disedang diadakan merupakan menu utama seorang fashion designer. Di balik itu semua, ada wajah lelah dan tergesa di bila sebuah pesanan sudah mendekati deadline atau mempersiapkan baju-baju untuk fashion show, maka sikap tenang dan terkontrol adalah menu wajib yang harus dimiliki oleh fashion designer. Mampu mengontrol emosi dan bekerja baik dalam tim adalah bentuk ideal seorang fashion designer.

Banyak bereksperimen
Pekerjaan seorang fashion designer hanyalah menggambar di atas sketsa, tapi setelah sebuah sketsa selesai digambar haruslah dibuat dalam bentuk jadi, yaitu sebuah baju yang dapat dikenakan. Dengan banyak bereksperimen dalam mengkombinasikan jenis kain, warna, dan beragam teknik jahit akan menghasilkan karya yang orisinil dan memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini memang tidak didapatkan dalam sekali atau dua kali percobaan, membutuhkan ketekunan dan passion yang tinggi untuk terus mengasah kemampuan.

AFF141006

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY