Bagaimana Melakukan Latihan Fisik Di Kehamilan 8 Bulan?

    138
    0
    SHARE
    Source : q8rashaqa.com

    KabarFemale—Di kehamilan 8 bulan, tubuh Anda telah banyak mengalami perubahan hingga mungkin Anda lupa bagaimana rasanya bergerak secara normal. Bila dokter tidak mempermasalahkan, Anda bisa dan perlu tetap aktif bergerak. Latihan fisik bisa membantu mengurangi nyeri di akhir kehamilan, meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki mood, dan menghindari komplikasi seperti preeklampsia dan diabetes gestasional. Tapi Anda perlu melakukan penyesuaian pada latihan fisik yang rutin Anda jalani.

    Langkah-langkah melakukan latihan fisik di kehamilan 8 bulan

    Memilih bentuk latihan fisik low impact jadi langkah pertama yang perlu Anda lakukan. Selama kehamilan 8 bulan, tubuh melepaskan hormon yang disebut relaxing. Hormon ini melonggarkan persendian sebagai persiapan untuk persalinan. Meski persendian yang longgar akan memudahkan proses kelahiran, Anda jadi lebih beresiko mengalami cedera atau terjatuh ketika berolahraga. Pilih latihan fisik seperti berenang atau berjalan kaki, yang tidak memberi banyak tekanan pada persendian. Yoga pranatal juga termasuk bentuk latihan yang populer untuk bulan-bulan terakhir kehamilan.

    Langkah kedua adalah dengan minum banyak air. Ketika melakukan latihan fisik, Anda beresiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan persalinan prematur. Minumlah dua gelas air pada satu jam sebelum mulai melakukan latihan fisik, satu gelas di pertengahan sesi latihan dan satu gelas lagi setelah Anda selesai. Anda perlu menghindari latihan fisik di luar ruangan saat cuaca panas meski Anda bergarak dengan perlahan, karena kepanasan bisa mengakibatkan dehidrasi.

    Langkah ketiga dengan melakukan latihan Kegel. Bayi memberi tekanan pada dasar penggul, yang bisa membuatnya melemah dan menyebabkan banyak masalah seperti kebocoran urin. Latihan Kegel membantu dasar panggul menjadi kuat. Untuk melakukan Kegel, kencangkan otot dasar panggul seperti ketika Anda menahan pipis, tahan posisi ini selama 5 detik lalu lepaskan. Ulangi 10 kali, lakukan latihan sebanyak 3 kali setiap hari.
    Langkah terakhir adalah dengan mendengarkan tubuh Anda. Jika merasa lelah atau tidak mampu melanjutkan latihan, ikuti sinyal dari tubuh dan jangan memaksakan diri.

    Berolahraga ketika merasa lelah bisa membuat Anda pusing, yang menyebabkan Anda terjatuh atau mencederai diri sendiri. Selain itu, segera hentikan sesi latihan bila Anda mengalami kram, rasa sakit yang tajam di punggung atau panggul, atau cairan keluar dari vagina. Bila gejala ini tidak berhenti dalam beberapa menit, hubungi dokter karena Anda mungkin masuk ke tahap persalinan.

    BFI150503(15)

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY