Apa Yang Terjadi Pada kehamilan Trimester Pertama?

    407
    0
    SHARE
    © gdhr.wa.gov.au

    KabarFemale—Kehamilan trimester pertama sering kali dianggap momen paling menyenangkan. Selama trimester ini, wanita mengetahui kalau diri mereka hamil, melakukan pemeriksaan pranatal pertama, dan merasakan banyak perubahan di tubuh mereka. Memahami apa yang terjadi di tubuh selama trimester pertama menjadi hal yang penting karena perubahan kadang terjadi tidak seperti yang diharapkan.

    Di Awal Kehamilan Trimester Pertama

    Bahkan sebelum hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif, ada perubahan yang terjadi selama kehamilan trimester pertama. Selama ovulasi, sel telur terlepas dan corpus luteum menandakan pelepasan progesteron. Progesteron menyebabkan lapisan rahim menebal.

    Dengan terjadinya fertilisasi, sel telur yag telah dibuahi tertanam di lapisan rahim yang menebal dan mulai tumbuh. Human chorionic gonadotropin (HCG) terlepas selama durasi kehamilan. HCG merupakan hormon yang muncul pada tes kehamilan dari negatif hingga positif.

    Wanita tidak merasakan secara langsung bertemunya sel telur dan sperma, tapi mereka merasakan tertanamnya sel telur di rahim. Beberapa wanita mengatakan seperti merasakan kram ringan dan keluar sedikit bercak darah. Bercak ini biasanay dianggap sebagai siklus menstruasi berikutnya padalah ini adalah bercak implantasi.

    Hormon estrogen, progesteron, dan HCG memenuhi tubuh pada titik ini. Mulai dari waktu awal setelah konsepsi, tubuh berubah ke mode gestasional. Semua hormon ini yang patut disalahkan karena banyaknya gejala kehamilan yang dirasakan wanita di trimester pertama kehamilan, termasuk mual, muntah, dan lelah. Beberapa wanita merasa seperti akan terkena flu pada kehamilan trimester pertama. Ketika tingkat progesteron meningkat, wanita hamil merasakan efeknya juga.

    Wanita hamil akan buang air kecil lebih sering. Tekanan dari rahim yang melebar pada kandung kemih bisa menjadi penyebab keluarnya urin ketika bersin, batuk, atau tertawa. Untuk mencegah infeksi saluran kemih, buang air kecil kapanpun Anda merasa perlu.

    Bila Anda merasa kurang tidur karena sering bolak-balik ke kamar mandi, kurangi konsumsi cairan yang mengandung kafein menjelang malam hari yang bisa membuat Anda pipis lebih sering. Tapi tubuh manusia bersifat sangat adaptif, jadi setelah kehamilan trimester pertama, semua kembali ke kondisi normal, untuk sementara waktu.

    Morning sickness dan nyeri pada payudara sedikit mereda atau mungkin karena si wanita hamil sudah merasa terbiasa dengan gejala ini. Bagi banyak wanita, trimester pertama tidak terlalu berlangsung lama karena banyak kehamilan tidak terdeteksi hingga mencapai usia 6 minggu. Itu artinya hanya tersisa 6 minggu lagi untuk menjalani kehamilan trimester pertama sebelum berpindah ke periode pertumbuhan berikutnya.

     

    BFI150203

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY