Agar Si Kakak Tidak Cemburu Pada Adik Bayinya (1)

    209
    0
    SHARE
    Source: shutterstock

    KabarFemale—Menunggu kelahiran si kecil adalah momen menyenangkan, baik untuk anak pertama, kedua, atau seterusnya. Selama kehamilan pertama, Anda mungkin merasa cemas tentang apakah ini akan mempengaruhi hubungan Anda dan pasangan. Ketika Anda hamil anak kedua, Anda kemungkinan lebih fokus pada kebutuhan anak pertama. Anda sedikit cemas tentang kelahiran adik kecil yang akan mempengaruhi si kakak. Apakah ia akan merasa terabaikan, tergantikan, atau cemburu karena kehadiran adik kecilnya.

    Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjalani masa transisi yang lancar bagi si kakak. Meluangkan waktu untuk mempersiapkan anak atas kelahiran si adik kecil akan membuat perbedaan besar. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda dan pasangan coba lakukan:

    Beritahukan anak Anda lebih dulu
    Terserah Anda kapan memberitahu tentang kabar kehamilan pada anak pertama, tapi menjadikan anak Anda sebagai orang pertama yang mendengarnya bisa membuat segalanya jadi lebih mudah. Tidak hanya anak akan merasa istimesa menjadi salah-satu orang yang tahu lebih dulu, tapi Anda akan menghindari situasi buruk ketika orang lain yang memberitahukannya pada si anak. Anak Anda mejadi orang yang paling terpengaruh olah kehadiran si bayi, jadi ia layak menjadi orang pertama yang tahu tentang ini. Bila anak sudah cukup besar untuk menjaga rahasia, Anda bahkan bisa memberitahunya lebih awal.

    Mulai menghitung mundur
    Persiapkan anak untuk kelahiran adik kecilnya dengan mulai menghitung mundur. Pada anak yang lebih besar, ia bisa menghintung mundur mingu dan bulan bersama Anda. Pada anak yang lebih kecil, yang masih memiliki sedikit pemahaman tentang waktu yang telah lewat, akan lebih mudah untuk menghubungkannya dengan ulang tahunnya agar ia tahu kapan si bayi akan lahir.

    Bicarakan tentang kelahiran
    Penyampaian informasi sesuai usia anak membuat Anda mendidik anak tentang apa yang terjadi selama kelahiran. Bicarakan kelahiran secara positif. Anak akan mudah menyerap apa yang Anda sampaikan, jadi bila Anda berbicara tetang kelahiran secara negatif, sebagai hal yang tidak menyenangkan, atau berbahaya, anak akan merasa takut.

    Anak biasanya merasa penasaran dan tertarik menganai hal rinci tentang kelahiran, jadi bersiaplah dengan banyaknya pertanyaan yang ia ajukan selama kehamilan Anda. Ada banyak buku yang bagus yang bisa Anda beli tentang proses kelahiran yang sesuai dengan usia anak.

    AFI150401

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY