8 Gejala Awal Kehamilan Kembar

    200
    0
    SHARE
    8 Gejala Awal Kehamilan Kembar
    Source : huffingtonpost.com

    KabarFemale – Banyak wanita yang menginginkan mengandung anak kembar. Terbayangkan dua bayi di dalam perut yang akan hadir di dalam kehidupan rumah tangga Anda. Pasti menyenangkan sekali? Nah, apa sih gejala awal kehamilan kembar?

    Tanda atau Gejala Awal Kehamilan Kembar

    Sebenarnya, gejala awal kehamilan kembar tidak jauh beda dengan ketika hamil satu anak atau kehamilan normal lainnya. Namun ada juga beberapa gejala yang menunjukkan Anda berpotensial memiliki anak kembar. Di antaranya :

    Riwayat Anak Kembar

    Jika Anda atau suami memiliki riwayat anak kembar, maka ada kemungkinan Anda akan memiliki anak kembar. Coba telisik dan tanya pada suami apakah di dalam keluarganya terdapat riwayat anak kembar.

    Mual

    Seperti kehamilan normal lainnya, Anda juga akan mengalami mual atau yang sering juga disebut dengan morning sickness. Biasanya ini akan terjadi di awal kehamilan hingga tengah kehamilan. Jika dirasa mual berlebihan, periksakan diri ke dokter.

    Mendadak Alergi

    Ketika hamil kembar, Anda mungkin saja mengalami intoleransi atau juga mendadak alergi dengan bau atau tekstur dari beberapa makanan. Biasanya Anda akan mual jika membaui makaan seperti ikan, kopi atau juga daging.

    Perut Lebih Besar

    Ketika hamil anak kembar, Anda akan memiliki perut yang lebih besar dibandingkan ketika hamil dengan satu bayi. Ini tentu karena Anda membawa 2 embrio di dalam kandungan.

    Gerakan di Perut

    Anda yang hamil anak kembar biasanya akan merasa ada gerakan di perut, namun bahkan lebih awal dibandingkan kehamilan normal.

    Meningkatnya AFP

    AFP adalah alpha fetoprotein yang dilepaskan oleh bayi saat dia tumbuh. Jika Anda memiliki anak kembar, Anda akan memiliki AFP yang sangat tinggi. Ini bisa diketahui ketika Anda sudah memasuki usia kehamilan 16 hingga 18 minggu.

    Ada Dua Detak Jantung

    Ketika Anda ke dokter kandungan dan memeriksakan kandungan, maka Anda berpotensi memiliki anak kembar. Di usia kehamilan 12 minggu, jika dua detak jantung terdengar maka Anda bisa dinyatakan hamil kembar. Nanti, ketika usia kandungan 28 minggu kepala janin akan mulai dibedakan ketika diperiksa.

    USG Positif

    Ketika usia kandungan 6 minggu sebenarnya Anda sudah bisa melihat melalui USG apakah Anda akan memiliki aak kembar atau tidak. Bahkan di beberapa kasus malah ketika usia kehamilan 5 minggu.

    Nah, gejala-gejala di atas bisa menjadi panduan untuk Anda apakah Anda memiliki anak kebar atau tidak. Namun untuk lebih memastikan, lebih baik periksakan kehamilan ke dokter.

    BFI15030245

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY