5 Pantangan Makanan Ibu Hamil

    340
    0
    SHARE
    5 Pantangan Makanan Ibu Hamil
    Source : feminiya.com

    KabarFemale – Sedang hamil? Ketika sedang hamil, Anda tidak boleh makan sembarangan seperti ketika Anda belum hamil lho. Karena sekarang ini Anda tidak hanya menjaga kesehatan diri Anda sendiri, tapi juga menjaga kesehatan bayi dalam kandungan lho. Siap-siap deh mencoret daftar pantangan makanan ibu hamil yang bakal kami jelaskan di bawah ini. Jangan patah hati dulu ya?

    Pantangan Makanan Ibu Hamil

    Saat hamil, memang nafsu makan bisa meningkat atau juga sebaliknya. Pada setiap wanita akan berbeda tergantung kondisi kesehatan masing-masing. Namun, beberapa pantangan makanan ibu hamil ini Anda harus tahu, sebaiknya dihindari saja.

    Makanan Mentah atau Setengah Matang

    Makanan mentah atau setengah matang memiliki resiko tercemar oleh kuman dan juga bakteri sehingga menimbulkan infeksi. Bakteri yang dikhawatirkan akan membahayakan kehamilan di antaranya Listeria, Salmonella, Toksoplasma dan E.coli. Anda masih boleh mengonsumsi daging seperti daging sapi namun pastikan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

    Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang tidak matang seperti telur mentah, daging setengah matang, sushi mentah dan juga sashimi.

    Seafood

    Beberapa masakan seafood mengandung merkuri yang tinggi dan berbahaya untuk pertumbuhan saraf janin. Walau begitu, ada juga seafood yang aman dan mengandung zat besi, asam lemak omega 3 dan protein. Beberapa ikan yang boleh dimakan adalah salmon, udang, kakap dan teri. Namun tetap batasi hingga 340 gram per minggu. Hindari jenis ikan seperti hiu, seafood asap dan juga apapun ikan dari laut atau sungai yang terpolusi.

    Kafein

    Kafein bisa berbahaya untuk detak jantung dan pernapasan janin. Bahkan, kopi bisa berpengaruh dengan rendahnya berat badan saat bayi lahir. Namun jika Anda ingin mengonsumsi kafein, sebaiknya tidak lebih dari 2 cangkir kopi.

    Produk Susu

    Memenuhi kebutuhan akan kalsium selama hamil memang penting, namun ada baiknya jika Anda memperhatikan lagi produk susu apa yang Anda konsumsi. Susu mentah tidak baik untuk ibu hamil karena mengandung kuman. Jika ingin mengonsumsi produk susu lebih baik konsumsi susu pasteurisasi atau juga keju. Namun hindari keju jenis Bria, Fea, Blue dan Camembert.

    Teh Herbal

    Teh herbal bisa menyebabkan kontraksi, terlebih teh dengan daun raspberry dan rosemary. Walau begitu, tidak semua kemasan teh mencantumkan detail bahan-bahan herbal ini. Jika ingin mengonsumsi teh herbal, konsultaskan dulu dengan dokter.

    BFI15030258

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY