5 Minggu Pertama Pertumbuhan Janin dalam Kandungan

    177
    0
    SHARE
    5 Minggu Pertama Pertumbuhan Janin dalam Kandungan
    Source: Dite

    KabarFemale — Tahukah Anda seperti apa pertumbuhan janin dalam kandungan pada beberapa minggu pertama? Kami telah merangkum informasinya untuk Anda. Meski kebanyakan wanita hamil biasanya menjalani USG sebanyak satu atau dua kali dalam masa kehamilan, pada penjelasan berikut Anda bisa mengetahui perkembangan janin pada tiap minggunya.

    • Minggu 1 dan 2 pertumbuhan janin dalam kandungan
      Belum ada pemeriksaan USG sebelum minggu 1 dan 2 sehingga belum diketahui pertumbuhan janin dalam kandungan pada minggu ini. Dokter akan menghitung perkiraan lahir bayi dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Memang pada waktu itu Anda belum hamil, tapi setelah USG dilakukan Anda bisa mendapat tanggal yang lebih akurat.
    • Minggu 3 pertumbuhan janin dalam kandungan
      Minggu ini adalah kehamilan yang sebenarnya dimulai. Sperma bergabung dengan sel telur dan menempuh perjalanan dari ovarium melewati tuba fallopi lalu kemudian menuju rahim. Fertilisasi terjadi di dalam tuba fallopi. Ketika menyatu, sel mulai terbagi dengan cepat, sonografi bisa mengambil gambar permulaan janin terbentuk selama pemeriksaan ultrasound.
    • Minggu 4 pertumbuhan janin dalam kandungan
      Lingkaran kecil di tengah sonogram kemungkinan tidak terlalu terlihat, tapi kantung kecil ini seperti kepompong janin. Sel di kantong kepompong ini nantinya ada yang terbentuk menjadi plasenta, ada yang menjadi kantong ketuban yang akan terisi cairan untuk melindungi janin. Sel lain untuk membentuk bulu mata hingga otot dan kulit. Tapi pembentukan ini masih butuh waktu lama. Sel dari plasenta membentuk lapisan rahim, membentuk ruang untuk darah mengalir dan membawa nutrisi serta oksigen ke janin pada minggu-minggu berikutnya.
    • Minggu 5 pertumbuhan janin dalam kandungan
      Ukuran janin mencapai 1/18 hingga 1/16 inci (seukuran titik pena). Sel yang membentuk jantung dan sistem saraf pusat mulai berkembang. Yang Anda lihat saat USG adalah area hitam yang merupakan cairan pengisi kantong ketuban yang kemudian akan menjadi tempat janin bernaung selama beberapa bulan ke depan. Lingkaran putih di dalam cairan di sebun kantong kuning telur. Sebelum plasenta sepenuhnya terbentuk, kantong kuning telur ini memiliki peran memberi semua nutrisi yang diperlukan ke janin untuk tumbuh. Berdekatan dengan kantong kuning telur, tanda + kecil menunjukkan embrio yang sangat dini. Akan ada pengukuran panjang embrio untuk mengonfirmasi atau merevisi perkiraan tanggal kelahiran dari dokter atau untuk mengevaluasi pertumbuhan embrio.

    BFI150303(35)

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY