10 Cara Menghindari Kerusakan Rambut Akibat Alat Penata Rambut – Part 1

10 Cara Menghindari Kerusakan Rambut Akibat Alat Penata Rambut – Part 1

182
0
SHARE
10 Cara Menghindari Kerusakan Rambut Akibat Alat Penata Rambut – Part 1
Source : gettyimages.com

Seberapa sering Anda menggunakan alat-alat penata rambut yang mengeluarkan panas untuk mempercantik rambut Anda? Penggunaan hair dryer, catok rambut, atau pengeriting rambut terlalu sering pastinya akan merusak rambut alami Anda. Hal ini bisa lebih parah apabila Anda menggunakan peralatan tersebut tanpa memperhatikan kondisi rambut Anda. Mengeringkan rambut memang lebih baik secara alami. Namun, di waktu wanita Anda menjadi sangat sibuk, hal ini tentu saja tidak memungkinkan. Untuk itu, dalam artikel ini akan kami bahas beberapa cara cepat menghindari kerusakan rambut akibat alat penata rambut.

  1. Perhatikan Rambut Anda

Gunakan alat penata rambut pada rambut dengan kondisi baik. Apabila Anda menggunakan alat-alat tersebut pada rambut yang sudah rusak, rambut menjadi lebih mudah patah ataupun rontok akibat terlalu sering terkena panas. Sebelum Anda menggunakan alat-alat tersebut, ada baiknya Anda melakukan deep conditioning dimana Anda mengaplikasikan kondisioner dalam waktu 4 jam hingga semalaman. Dengan deep conditioning, rambut Anda menjadi lebih elastis sehingga tidak terlalu terpengaruh oleh panas.

  1. Ketahui Batas Panas

Anda harus tahu batas-batas panas yang dapat ditoleransi oleh rambut Anda. Rambut yang tebal, kasar, bergelombang, ataupun keriting dapat menahan panas lebih lama. Jangan bandingkan rambut Anda dengan orang lain. Apabila orang lain dapat menggunakan pengeriting rambut setiap hari tanpa kerusakan yang berarti, belum tentu Anda juga begitu.

  1. Cocokkan Panas dengan Kondisi Rambut

Pastikan Anda menggunakan alat dengan pengatur suhu yang tepat, bukan hanya sekedar “panas” atau “dingin” ataupun “hidup” atau “mati”. Rambut yang sehat cepat rusak apabila terkena suhu sekitar 200o C. Artinya, apabila rambut Anda sudah mulai rusak, toleransi rambut Anda terhadap suhu panas adalah di bawah suhu tersebut. Apabila rambut Anda mulai rapuh, gunakan suhu antara 90o – 100o C. Secara umum, Anda bisa mulai menggunakan suhu panas yang paling rendah hingga sampai pada suhu yang pas untuk rambut Anda.

  1. Gunakan Suhu Dingin

Kerusakan akibat panas sangat tidak mengenakkan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan suhu dingin sebagai gantinya. Dengan begitu, Anda dapat terhindari dari panas yang merusak rambut.

  1. Gunakan Pelindung

Hindari menggunakan alat rambut bersuhu panas tanpa melindungi rambut Anda terlebih dahulu. Selalu gunakan spray pelindung panas, krim ataupun serum ke rambut Anda sebelum menggunakan alat-alat tersebut. Produk anti panas yang mengandung silicon merupakan pilihan terbaik untuk Anda.

AFB141202

 

Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY