Yuk, cegah sariawan!

Yuk, cegah sariawan!

150
0
SHARE
Source: terbeken

KabarFemale—Pernahkah anda merasa kesal akibat sariawan yang tak mengenal waktu dan tempat? Ia bisa singgah dimana saja, kapan saja, meski terkadang anda bertanya-tanya bagaimana bisa? Banyak orang yang hanya beranggapan bahwa sariawan dipicu dari ketidaksengajaan. Contohnya, ketika anda makan tak sengaja menggigit bibir hingga terluka, atau anda sedang membuka sesuatu dengan menggunakan gigi yang tak sengaja melukai gusi, dan masih banyak contoh lainnya. Memang benar, sariawan dapat dipicu dari hal-hal seperti itu. Namun, tahukah anda bahwa meski demikian, jika asupan vitamin serta nutrisi dalam tubuh anda cukup dan tepenuhi setiap harinya, luka tersebut tidak akan menjadi sariwan. Justru malah sembuh layaknya sedia kala. Mengapa demikian? Adalah hal yang alamiah, ketika tubuh anda tercukupi dari segi gizi dan nutrisi, sistem imun tubuh akan semakin baik. Maka, jangan sepelekan urusan asupan. Makan bukan hanya mengenyangkan perut saja, tapi lebih dari itu. Makanan yang masuk ke dalam tubuh anda, harus bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh, tidak saja memberikan tambahan energi serta membuat kenyang, ia juga harus mampu memaksimalkan kerja organ-organ tubuh, plus mendongkrak sistem kekebalan. Dengan hal tersebut tentunya, aneka jenis bakteri, virus, serta kuman pembawa penyakit tidak akan melumpuhkan sistem imun, justru bekerja untuk melenyapkannya.

Poin kedua, sariawan juga dapat dipicu akibat radang ternggorokan. Yang sering kali diketahui menjadi pemicu hal tesebut ialah minyak. Masyarakat Indonesia, mayoritas menyukai sekali cemikan kurang sehat seperti gorengan. Pernahkan anda membayangkan, berapa kali ppenjual mengganti minyak yang digunakan? Meski tak semua penjual cuek masalah kesehatan pembelinya, toh masih banyak sekali yang mengabaikan dampak buruk dari minyak yang dipakai berkali-kali. Selain akan menimbulkan reaksi kimia, yang memicu terjadinya keracunan, hal tersebut juga berpengaruh pada kesehatan tenggorokan anda yang memicu terjadinya sariawan.

Poin yang ketiga, hal lain yang patut anda waspadai ialah mengenai kebersihan mulut. Mulut merupakan salah satu tempat berkembangnya bakteri seta kuman, secara kasat mata memang tak terlihat, tapi bukan berarti menjadi alasan untuk membiarkannya dalam keadaan kotor. Selalu menggosok gigi 2 atau 3 kali sehari, kemudian jika diperlukan gunakan mouth wash. Selain sifatnya menyegarkan, ia akan membersihkan mulut dari bakteri, kuman, dan bau mulut. Cara yang efektif lainnya, gunakanlah siwak. Meski mungkin kedengarannya sangat tradisional, namun percayalah bahwa siwak sangatlah sehat untuk digunakan sebagai perawatan harian.
AFB150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY