Ucapkan Sayonara pada sembelit!

Ucapkan Sayonara pada sembelit!

178
0
SHARE
source : distributork-link.com

KabarFemale—Anda pernah mengalami gangguan pencernaan? Tentu banyak ragam gangguan pencernaan, dari penyakit maag hingga terjadinya sembelit, alias susah buang air besar. Bukan perkara yang sepele ketika tubuh bereaksi tidak wajar, proses pembuangan yang tidak lancar itulah yang akan menyebabkan aneka masalah lainnya bila tidak segera ditangani. Sembelit bukan hanya permasalahan orang dewasa saja, banyak kasusu sembelit yang terjadi dan menimpa pada golongan usia muda bahkan balita pun terkena masalah tersebut. Sebagai masalah yang berkaitan dengan pencernaan, ada banyak faktor yang menjadikan tubuh tidak bekerja seperti dalam keadaan normal. Sembelit bukan hanya membuat perut anda terasa penuh atau begah, meski anda merasakan sakit seperti mulas seperti ketika hendak buanga air besar tanpa gangguan. Namun, sayangnya meski rasa sakit mendera toh anda tetap kesulitan dalam prosese pembuangan tersebut. Maka, cara yang harus anda lakukan ialah mengobati penceranaan anda terlebih dahulu.

Sebelum beralih pada cara pemulihan dari sembelit ataupun pencegahannya, ada baiknya anda mengetahui tanda-tanda dari gejala sembelit, diantaranya adalah rasa sakit pada bagian perut akibat tekanan yang sedang berlansung pada bagian usus. Adanya rasa sakit juga pada bagian anus (dubur) akibat terjadinya penyumbatan. Tidak mengeluarkan gtinja selama 3 hari berturut-turut meskipun anda mengkonsumsi banyak makanan, tentu hal ini berbeda jika anda sangat sedikit dalam hal makan, salah satunya ialah jika anda rajin berpuasa. Sembelit atau yang dinamakan konstipasi ini ternyata banyak sekali terjadi akibat tubuh yang kekeringan. Dalam artian cairan di dalam tubuh sangatlah kurang, dehidrasi akibat sedikitnya mengkonsumsi air putih, menjadi penyebab yang paling sering terjadi, disamping akibat kurangnya serat pada tubuh. Kurangnya tubuh dalam beraktifitas aktif seperti gerakan ringan pun turut memberikan sumbangsih dalam menyulitkan buang air besar yang semestinya.

Bagi seorang wanita, masalah sembelit ini bukan hanya dirasakan oleh orang biasa, sembelit tidak pandang bulu karena pada wanita hamil pun ia datang menyerang. Bisa anda bayangkan betapa tersiksanya ketika sedang dalam kondisi mengandung anda terserang sembelit? Tentu rasa tidak nyaman akan semakin besar. Jadi, cara terbaik selain mengatur asupan makanan yang bernutrisi, dan kaya serat, anda pun harus membiasakan diri untuk banyak bergerak, mengkonsumsi air putih secara tepat, dan hindarkan diri dari stres yang ternyata juga menjadi salah satu faktor pemicu sembelit. Selain itu hindari vitamin yang dikonsumsi secara berlebih karena akan membuat tinja menjadi lebih keras, utamanya bagi ibu hamil yang wajib mengkonsumsi vitamin layaknya asam folat serta zat besi.

 
AFB150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY