Tips Sehat saat Hamil Muda

Tips Sehat saat Hamil Muda

180
0
SHARE
Source: konsultasisehat

KabarFemale—Seorang wanita sudah tentu akan mengalami masa-masa yang tak akan pernah dirasakan oleh seorang pria. Dari menstruasi, mengandung, hingga melahirkan. Memang sudah merupakan kodrat kaum hawa untuk merasakan suatu hal yang sangatlah luar biasa. Bayangkan saja, bahwa ada kehidupan lain yang berada di dalam rahim anda ketika memgandung buah hati bersama pasangan. Tentulah kebahagiaan yang tak terkira, belum lagi jika ini merupakan pengalaman pertama bagi anda. Sudah barang tentu, anda akan lebih ekstra hati-hati dan banyak bertanya pada ibu atau ibu mertua mengenai masalah yang berhubungan dengan kandungan. Jika anda memang sedang mengandung dan memasuki trimester pertama, kondisi kesehatan anda haruslah prima. Memang pada trimester pertama, anda akan mengalami banyak gangguan yang bisa jadi membuat kondisi tubuh melemah dan tidak nyaman. Hal tersebut merupakan suatu fase yang memang mesti anda alami sebagai salah satu tahap adaptasi.

Wanita yang sedang mengandung dalam masa ini memang rentan terkena banyak masalah kesehatan, baik yang ringan hingga yang berat. Contohnya, mudah merasa lelah, nafsu makan menurun, terkena gangguan morning sick, dan kurang darah, dan banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk mengatasi aneka permasalahan tersebut ada baiknya anda mulai mengatur pola makan serta istirahat yang baik. Pertama-tama, makanlah setengah porsi lebih banyak dari saat anda dalam keadaan normal. Ingat, di dalam perut anda telah tumbuh janin yang juga membutuhkan asupan makanan. Jika anda merasa malas untuk makan, gantilah dengan mengkonsumsi segelas susu. Jadi, tak ada alasan perut anda kosong. Jika gizi dan asupan nutrisi baik untuk diri anda, sudah pasti akan berdampak baik pula bagi tumbuh kembang janin.

Perbanyak makanan alami yang akan meningkatkan darah, karena yang sering terjadi wanita yang sedang hamil muda seringkali kekurangan darah. Akibatnya, ia menjadi mudah lelah, loyo, hingga pada tahap yang serius justru membahayakan janin. Tak lupa pula, anda tak boleh untuk banyak melakukan aktivitas yang terlalu berat dan berbahaya. Kurangi melakukan gerakan yang akan membuat anda mengalami pendarahan seperti angkat beban atau sering naik turun tangga terlalu sering, atau pula terlalu banyak pikiran (stres). Perbanyak konsumsi sayuran, daging yang mengandung omega 3, telur, susu berkalsium tinggi, serta buah-buahan. Agar anda menjadi lebih bugar dan kandungan pun sehat. Ingat, ibu sehat pasti bayi pun sehat. Begitu pula sebaliknya. Tak lupa untuk lebih banyak beristirahat dan mengurangi pikiran negatif.
AFB150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY