Tips Agar Nyaman Berhijab

Tips Agar Nyaman Berhijab

248
0
SHARE
(c) Ytimg

RajaNego—Tidak jarang hijabers merasa uring-uringan saat mengenakan hijab. Biasanya ini dipicu oleh beberapa hal yang lakukan atau tidak lakukan saat mengenakan hijab. Hijab seharusnya membuat penampilan seorang wanita terlihat lebih anggun dan kalem. Namun, bila anda uring-uringan tentu akan merusak penampilan serta menodai niat ibadah anda. Lalu apa saja hal-hal kecil yang mempengaruhi kenyamanan pemakaian hijab?

1. Ikatan yang Terlalu Erat

Ini mungkin adalah salah satu hal yang banyak dilakukan oleh para hijabers. Mengikat rambut terlalu ketat ataupun ikatan dalaman hijab. Ikatan yang terlalu erat dapat membuat anda pusing dan tidak nyaman. Lebih baik gunakan ikat rambut besar yang elastis dengan bahan kain dan jangan diikat terlau erat. Begitu pula dengan dalaman hijab anda. Ikat seperlunya namun kuat agar tidak mudah lepas.

2. Rambut yang Terurai

Mungkin anda tidak ingin menyiksa rambut anda dengan menggelung, tetapi rambut terurai ataupun hanya dikuncir dapat keluar dari pori-pori hijab. Selain itu rambut terurai mudah menempel pada leher anda teruatama bila anda sedang berkeringat. Hal ini tentu membuat anda menjadi sangat tidak nyaman. Anda pun tentu tidak ingin memperbaiki rambut anda terlalu sering. Cobalah untuk menggelung rambut atau gunakan dalaman agar rambut anda tidak mencuat dibalik hijab.

3. Hijab yang Tebal

Hijab berlapis ataupun hijab berbahan sintetis dan tebal sedang populer. Namun, itu bukan alasan bagi anda yang bekerja di luar ruangan atau di ruangan yang tidak berpendingin. Hijab dengan bahan tebal atau sintetis tidak menyerap keringat sehingga rambut anda menjadi lembab. Rambut dan kulit kepala yang lembab dapat memicu timbulnya ketombe dan kerontokan rambut. Bagi anda yang selalu berada di luar ruangan, ada baiknya untuk menggunakan hijab dengan bahan yang ringan seperti katun. Bahan ini mudah menyerap keringat dibandingkan bahan sintetis.

4. Rambut Tidak Dirawat

Rambut para hijabers tentu membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan mereka yang tidak. Kurangnya sirkulasi udara dan terlalu sering diikat atau digelung membuat rambut mudah rontok dan berketombe bila tak dijaga dengan baik. Keramas setidaknya dua hari sekali agar rambut tidak berbau. Sekarang banyak sampo khusus yang didesain untuk para hijabers. Jika anda sedang berada di rumah atau di tempat dimana anda bisa melepas kerudung, lepaskan hijab anda dan biarkan rambut anda bernafas dan terurai Bila anda ada waktu, lakukan hair mask setidaknya satu bulan sekali agar rambut tetap cantik dan sehat.

 

AFB150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY