Pesta Daging tapi Tetap Sehat? Siapa Takut!

Pesta Daging tapi Tetap Sehat? Siapa Takut!

149
0
SHARE
source : infojajan.com

KabarFemale—Perkenankan kami sebelumnya untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha, bagi pembaca setia RN Female yang merayakanya. Kami akan memberikan artikel menarik seputar tips sehat selama anda mengkonsumsi makanan yang membutuhkan proses cukup lama untuk dicerna. Sudah menjadi hal yang wajar ketika umat muslim merayakan Hari Besar Keagamaan yang mana lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban atau Idul Adha, banyak yang berbondong-bondong untuk menyantap daging, baik domba, kambing, maupun sapi.

Menu makanannya pun beragam, dari tongseng, sate, gulai, dan lain sebagaianya. Bagi anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi daging dalam satu hari penuh tentunya akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi pencernaan. Namun, bukan berarti anda menghindarinya sama sekali ya. Cara termudah ialah dengan tetap menikmati pesta tapi tak lupa menjaga kesehatan. Tentu anda bertanya-tanya, bagaimana bisa? Bagaimana caranya? Penasaran pastinya dong? Langsung disimak saja ya!

Ketika anda berniat untuk mengkonsumsi daging, pastikan anda tetap memperhatikan jumlah konsumsi. Bukan berarti anda tidak boleh menikmati banyak hidangan, akan tetapi sebaiknya anda turut memperhatikan jeda. Contohnya saja, cukup menikmati sebagain kecil hidangan terlebih dahulu. Baru anda mencoba hidangan lain. Jangan sampai anda menghabiskan kuota di dalam perut secara penuh hanya untuk daging saja. Ingat, gunakan maksimal 50% untuk makanan, sisanya berikan space untuk air dan udara. Jika anda terlalu berlebihan dalam menyantap makanan, perut anda akan terasa sakit nantinya. Terlebih bagi anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi daging.

Jangan biarkan anda lupa mengenai hal penting seperti minum air yang cukup. Bagi anda yang sangat menggilai daging kambing, ada baiknya menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi ataupun minuman yang kaya akan gula seperti sirup, the, dan lain-lain. Beri jeda minimal 3 jam sebelum anda kembali menyantap untuk kedua kalinya.

Seperti yang anda ketahui, daging sangat sulit diproses oleh pencernaan dan membutuhkan tenaga serta waktu ekstra. Maka, jangan biarkan pekerjaan pencernaan anda semakin berat. Makanalah beberapa makanan yang kaya serat, baik dari buah maupun sayuran, atau minimal anda bisa memakan agar-agar serta rumput laut. Sebaiknya hindari obat-obatan pencahar jika anda kesulitan dalam buang air besar, gunakan jika sudah sangat terpaksa saja karena bila digunakan terlalu sering, akan memberikan dampak kurang baik. Yang terakhir, makan lah secukupnya, jangan berlebihan. Tak lupa pula, beri jeda 30 menit sebelum anda bergegas untuk tidur ketika anda baru saja makan sesuatu.
 

AFB150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY