Penyebab dan Tips Mencerahkan Lutut

Penyebab dan Tips Mencerahkan Lutut

219
0
SHARE
© Blogcdn

RajaNego—Pernahkah anda berpikir mengapa kulit lutut biasanya tampak lebih hitam jika dibandingkan dengan area lainnya? Atau justru anda malah tidak menyadarinya? Kadang ada wanita yang sangat terlihat jelas bedanya, ini terjadi pada wanita yang memang memiliki kulit cerah (putih) sedangkan bagi para wanita yang memiliki kulit dengan nuansa kecoklatan tentu tak begitu kentara.

Sayangnya, memang banyak yang mengabaikan masalah ini. Sepele memang namun jika dibiarkan lama-lama akan mengganggu penampilan anda. Nah, penasaran ngga sih apa yang menyebabkan kulit kehitaman di sekitar lutut? Kalau iya, yuk, simak artikelnya!

Pada dasarnya kulit manusia memang memiliki kelenjar minyak. Dengan adanya kelenjar tersebut maka kulit akan terjaga kelembabannya, lebih kenyal, dan juga terhindar dari dehidrasi kulit yang justru menjadi salah satu pemicu utama kulit kering. Sayangnya, tidak semua bagian tubuh mengandung cukup kelenjar minyak.

Ada bagian yang sering mengalami kelebihan seperti bagian wajah pada zona T dan ada pula yang kekurangan seperti pada bagian siku, lutut, dan daerah lipatan. Akibatnya, kulit pada daeraah tersebut akan tampak kusam, menghitam, dan terjadinya penumpukan sel-sel kulit mati sehingga akan menyebabkan proses regenerasi sel-sel kulit terganggu.

Sebenarnya, kulit memiliki pigmennya tersendiri. Pigmen inilah yang akan membuat perbedaan dari manusia satu dengan yang lainnya. Semakin banyak kandungan zat tersebut, maka kulit akan semakin gelap.

Pada area lutut, siku, dan daerah lipatan, pigmen yang terkandung lebih banyak bila disandingkan dengan daerah lainnya. Maka tak heran bila area tersebut kehitaman. Hal lain, ialah adanya penekanan yang berlebih sehingga menyebabkan penebalan lapisan alami yang fungsinya sebagai pelindung.

Sebagai contoh yang mudah, ketika anda duduk santai dan bersila, maka bagian mata kaki anda akan mendapat tekanan yang lebih. Hal seperti ini yang akan membuat kulit menghitam bila terlalu sering mendapat tekanan. Lain halnya bila anda jarang melakukan aktifitas yang menekan bagian tersebut, tentu tidak akan mengalaminya.

Bila pada bagian area kulit lain semisal wajah, sering terjadi proses pengelupasan lain halnya yang terjadi pada area kulit lutut, siku, dan juga daerah lipatan lainnya. Daerah tersebut merupakan area yang sangat jarang terjadi proses pengelupasan.

Padahal pengelupasan sangat bermanfaat bagi kulit. Dan uniknya masalah seperti ini bukan hanya menyerang kaum hawa, kaum adam pun memiliki resiko yang sama. Jadi bagaimakah cara mengatasi keluhan tersebut? Simak pada artikel lanjutannya ya!

 

AFB150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY