Menjaga Rambut Pasca pewarnaan

Menjaga Rambut Pasca pewarnaan

186
0
SHARE
(c) Hairworldmag

RajaNego—Rambut anda sering diwarnai dengan cat berbahan kimia? Awalnya memang rambut anda terlihat sangat indah dan cantik. Tapi tahukah anda bahwasanya rambut anda rentan diserang penyakit. Ya, akan ada banyak masalah yang menyerang rambut setalah diwarnai. Rambut kering, kusam, patah, bercabang, berketombe, dan masalah lainnya. Anda pun dituntut untuk lebih ekstra dalam perawatannya. Nah, ini dia tips yang mungkin akan bermanfaat bagi anda.

Untuk merawat rambut yang telah dan bahkan sering mengalami proses pewarnaan kimia, anda wajib memberikannya ruang untuk bernafas. Rambut anda tidak boleh mengalami proses pengeringan dengan hair dryer, pengeritingan menggunakan curly iron, ataupun pelurusan menggunakan catok rambut. Karena dampaknya akan semakin membuat rambut anda sakit dan rapuh.

Biarkan rambut anda mengering dengan sendirinya menggunakan perawatan alami seperti diangin-anginkan. Anda juga harus menghindari sinar ultra violet secara langsung. Sinar tersebut selain berbahaya bagi kesehatan kulit juga akan merusak rambut baik yang dicat maupun tidak. Konon jika terlalu sering terkena sinar UV rambut yang diwarna lebih cepat memudar.

Anda juga diharuskan menjaga kelembaban kulit kepala. Rambut kering akan membuat anda tampak kusam dan helaian rambut terasa kasar. Anda bisa menggunakan masker rambut untuk perawatan dengan catatan bukan pasca pewarnaan, ingat anda harus memberinya waktu. Gunakan sampo dan juga kondisioner yang memang diformulasikan untuk rambut berwarna. Oh, iya, yang patut anda perhatikan bahwa selama kurun waktu 24 jam, anda tidak diperkenankan mencuci rambut terlebih dahulu.

Hal ini untuk menjaga warna rambut yang telah dicat sebelumnya. Baiknya juga anda merawat rambut anda dengan lotion khusus. Yang mana berfungsi dalam mempertahankan dan memberi kilau rambut sehingga nampak sehat bercahaya. Lotion ini bukanlah serum, ini berbeda.

Namun bila anda kesulitan mendapatkannya, anda bisa menggunakan serum saja. Ia kaya akan vitamin dan manfaatnya sangat baik dalam menjaga kondisi kulit kepala serta rambut dari ujung hingga pangkal. Cara menggunakannya pun sangat mudah, setalah rambut anda semi kering, anda bisa mengaplikasikannya. Hal ini dimaksudkan agar kandungan di dalam serum tersebut berfungsi secara maksimal hingga terserap ke folikel rambut anda.

Yang terakhir, biasakan menggunakan air dingin untuk mencuci rambut. Penggunaan air panas akan membuat kulitikula rambut anda tidak sehat yang sering kali menyebabkan rambut kering kerontong.
Nah itulah beberapa tios yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut setalah melakukan pewarnaan. Semoga bermanfaat ya pembaca setia RN Female.

 

AFB150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY